PERENCANAAN SUPPLY CHAIN PAKAIAN ANAK PADA ”WIJAYA COLLECTION”

Setiawan W, Hengky (2008) PERENCANAAN SUPPLY CHAIN PAKAIAN ANAK PADA ”WIJAYA COLLECTION”. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
08.30.0060 Hengky Setiawan COVER.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
08.30.0060 Hengky Setiawan BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2)
08.30.0060 Hengky Setiawan BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB 3)
08.30.0060 Hengky Setiawan BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB 4)
08.30.0060 Hengky Setiawan BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB 5)
08.30.0060 Hengky Setiawan BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0060 Hengky Setiawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
08.30.0060 Hengky Setiawan lampiran.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model supply chain pakaian anak bagi pemasok terbaik pada Wijaya Collection. Obyek pada penelitian ini adalah Wijaya Collection yang belokasi di Jalan Tlogosari Raya II / 24, Semarang. Alasan dipilihnya perusahaan ini sebagai obyek pada penelitian ini adalah karena pada perusahaan ini memiliki beberapa pemasok untuk pakaian anak (rok anak) sehingga perlu dilakukan analisis berkenaan dengan keluhan pada masing-masing pemasoknya untuk mendapatkan pemasok terbaik bagi pihak perusahaan selain itu perusahaan ini juga belum pernah diadakan penelitian mengenai perencanaan supply chain. Penelitian ini merupakan studi kasus (case study) dengan obyek Wijaya Collection. Pada penelitian ini respondennya adalah pemilik dan dua karyawan bagian gudang Wijaya Collection. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode scoring. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: evaluasi pemasok Wijaya Collection dilakukan dengan penilaian berdasarkan pada analisis nilai, dengan mempertimbangkan keadaan umum pemasok , keadaan pelayanan dan keadaan material atau barang. Pemasok prioritas pertama adalah PT Indotekstil dengan total skor sebesar 24.93. Penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya adalah 9 , keadaan pelayanan nilai totalnya 7.53 dan keadaan material dengan nilai total 8.4 . Sementara pemasok prioritas kedua adalah PT Multi Inti dengan nilai total sebesar 24.12 dan penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totanya adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 7.32 dan keadaan material dengan nilai total 7.8 . Pemasok prioritas ketiga adalah Jelly Kids dengan nilai total sebesar 22.39 dan penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 6.19 dan keadaan material dengan nilai total 7.2 . Setelah diketahui pemasok terbaiknya maka akan dilakukan analisa supply chain berdasarkan strategi bisnis yang digunakan oleh Wijaya Collection dalam hal ini adalah strategi biaya dengan batasan kepada lima variable yaitu : harga, struktur jaringan, sumber daya, pasar dan aspek resiko – kemitraan. Setelah dilakukan analisa supply chain maka akan direncanakan dan dibuat model supply chain bagi PT.Indotekstil tersebut. Saran mengacu pada perbaikan-perbaikan yang sebaiknya dilakukan bagi pihakpihak yang terkait dengan penelitian ini. Sedangkan saran pada penelitian adalah sebagai berikut : (1) Sebaiknya pihak Wijaya Collection menggunakan pemasok PT Indotekstil sebagai pemasok utamanya karena terlihat dari jumlah atau total skor yang terbaik ,tetapi Wijaya Collection juga harus tetap menjaga hubungan baik diantara dua pemasok lainnya dengan tujuan seandainya pemasok terbaik tidak bisa memenuhi permintaan maka dapat dialihkan kepada kedua pemasok tersebut. (2) Menerapkan model supply chain bagi pemasok terbaiknya dengan cara melakukan sentralisasi gudang, memperkecil variasi media transportasi dan menjaga hubungan harmonis antar anggota rantai pasokan. (3) Pada penelitian serupa di masa mendatang sebaiknya ditambahkan penilaian lain untuk pemasok dan tidak hanya membandingkan tiga pemasok, tetapi lebih banyak pemasok dengan berbagai variasi barang atau produk selain itu juga perlu dilakukan evalusi pemasok secara berkala misalnya satu tahun sekali sehingga kinerja supplier dapat dipantau oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:21
Last Modified: 02 Feb 2017 01:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item