Pengaruh Asimetri Informasi, Budget Emphasis, dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating Terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran dengan Slack Anggaran Studi Empiris pada Rumah Sakit di Semarang

KELLAYANA, MARIA GRACE (2012) Pengaruh Asimetri Informasi, Budget Emphasis, dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating Terhadap Hubungan Partisipasi Anggaran dengan Slack Anggaran Studi Empiris pada Rumah Sakit di Semarang. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB I)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB III)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB IV)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB V)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.60.0057 Maria Grace Kellayana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian akuntansi mengenai pengaruh partisipasi anggaran terhadap slack anggaran telah banyak dilakukan dan menunjukan hasil yang tidak konsisten. Untuk mengatasi ketidak konsisten, yaitu dengan pendekatan kontinjensi. Pendekatan kontinjensi tersebut memungkinkan adanya variabel lain, salah satunya adalah variabel moderating. Sehingga dalam penelitian ini akan menguji kembali pengaruh partisipasi anggaran terhadap slack anggaran, serta menambahkan asimetri informasi, budget emphasis, dan komitmen organisasi sebagai variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah semua karyawan rumah sakit di kota Semarang yang ikut dalam berpartisipasi dalam pembuatan anggaran (misalnya: direktur, wakil direktur, kepala bagian, kepala sub bagian, dan staff) dan bersedia untuk berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Selain itu, sampel harus memiliki kriteria telah menduduki jabatan minimal satu tahun. Rumah sakit yang bersedia menjadi sampel penelitian ini yaitu 3 dari 23 rumah sakit di Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap slack anggaran, jika atasan memiliki informasi lebih daripada bawahan maka dapat memperlemah hubungan partisipasi anggaran dengan slack anggaran, budget emphasis berpengaruh positif terhadap hubungan partisipasi anggaran dengan slack anggaran, dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap hubungan partisipasi anggaran dengan slack anggaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:57
Last Modified: 28 Jun 2016 05:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item