ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KARYA ZIRANG UTAMA DAIHATSU JL. JEND. SUDIRMAN 182 SEMARANG

ARDITTA, ANOM (2003) ANALISIS PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. KARYA ZIRANG UTAMA DAIHATSU JL. JEND. SUDIRMAN 182 SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
96.30.2744 Anom Ardita COVER.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB I)
96.30.2744 Anom Ardita BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB II)
96.30.2744 Anom Ardita BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB III)
96.30.2744 Anom Ardita BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
96.30.2744 Anom Ardita BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB V)
96.30.2744 Anom Ardita BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
96.30.2744 Anom Ardita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
96.30.2744 Anom Ardita LAMPIRAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

PT. KaryaZirang Utama Daihatsu J1. Jend Sudirman 1~2 Semarang adalah sebuah perusahaan yang khusus menangani penjualan kedaraan-kendaraan merk Daihatsu. Perusahaan ini merupakan suatu perusahaan yang cukup rnaju perkembangannya, tapi karena pengaruh dari faktor keadaan ekonomi yang tidak menentu, membuat volume penjualan menjadi naik turun. Pemasaran merupakan proses yang berkesinambungan. Menghasilkan penjualan bukanlah suatu hubungan akhir dengan konsumen, namun semua itu merupakan awal hubungan dari proses berkesinambungan dan untuk mempertahankan konsumen jangka panjang, serta untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu perusahaan membekali diri dengan berbagai macarn kebijakan yang berhubungan dengan pemasaran, yang salah satunya dilakukan melalui kegiatan promosi. TUJuan dari dilakukannya kegiatan prornosi yang efektif dari perusahaan adalah agar konsumen tertarik pada produk ang Hitawarkan perusahaan dan melakukan pembelian. Tujuan lain adal agar produk yang 8i1awarkan perusahaan akan selalu diingat dalam benalC konsumen. Namun se a tujuan tersebut dapat berhasil jika dilakukan suatu pengelolaan )'ang baik dan benar.. Bauran promosi atau omotio at Mix ada em~ t yaitu meliputi : Periklanan, PenjuaJan Pribad. ( Persomil Selling ,Pro si Penjualan dan Publisitas. Dal penelitian ini, penelif ebih memfokuskan ~iatan promosi pada penjualan gribadi (Personal Se ling) karena PT. -Kary Zirang Utarna Daihatsu Jl. Je ~ Sudi an 182 SeTMang memprioritaskan ersonal Selling dalarn menawar~an protluknya, sehul5ungan dengan posisi perusahaan adalah sebagai penyal . Disamping itu produ - p.r. ~a Zi g U a Daihatsu J) . Jend Sudirm 182 Semarang itu sendiri (kendaraan merk 'p8.i.lI~1.1) sudah dikenal masyar -at Penelitian . i bertujuau untu~ me g~ui ap ah terd!1R;tt pengaruh yang signifikan antara p ~u an pritiadi (Personal Selling) terhada"" volume penjualan. lJntuk mengetahui pengaruh Personal SeIImg, digunakan uji regresi linier. Selanjutnya dari tabel ~oeffisients (output SPSS) diper lOO persamaan regresi sebagai berikut : Y = 36 O~9 0 Og4Xl dim~ y = V~lume Penjualan dan Xl adalah Personal Selling dimana untulC ·1· onstanta sebesar 36.099 yang menyatakan bahwa jika tanpa ada variabel Personal Selling (secara rnatematika Xl = O)maka Volume Penjualan sebesar 36.099 unit. Untuk koefisien regresi sebesar O,OM menyatakan bahwa penarnbaban (karena tanda + ) akan meningkatkan Volume Penjualan sebesar 0,84 unit. Dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan antara Personal Selling terhadap volume penjualan. Oengan melihat hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mencoba untuk memberikan saran yang mungkin dapat memberikan manfaat khususnya bagi perusahaan adapun saran-saran tersebut adalah sebagai berikut : Perusahaan hendaknya memberikan training customer satisfaction kepada salesman. agar praktek personal selling salesman dapat menjadi lebih baik lagi, sehingga volume penjualan perusahaan dapat bertambah. Praktek personal selling yang perlu diperhatikan yaitu : a) Persiapan sebelum penjualan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tahap pertama ini adalah mempersiapkan tenaga penjualan dengan memberikan pengertian tentang barang yang dijualnya, pasar yang dituju dan teknik penjualannya b) Penentuan lokasi pembeli potensial, tahap kedua ini menentukan lokasi dari segmen pasar yang menjadi sasarannya Dari lokasi inilah dapat disusun sebuah daftar tentang calon pembeli atau pembeli potensial. c) Pendekatan pendahuluan, sebelum melakukan penjualan, penjual harus mempelajari semua masalah tentang cal on pembelinya Selain itu perlu juga mengetahui tentang produk atau merek apa yang sedang digunakan dan bagaimana reaksinya d) Melakukan penjualan, penjualan yang dilakukan, bermula dari suatu usaha untuk memikat er atian calon konsumen, kemudian diusahakan mellgetafi . (iaya taroi mereka Dan akhimya penjual melakukan gef!i wan kepada pembeli. e) Pelayan sesudah penJuafan biasanya kegJata ini dilakukan untuk penjual barang-barang indus' epedi inslalasi atau barang konsumsl tahan lama . almari es televisi dan sebagainya Kegiatan sesu . arItara lain adalali . gar-ansi, rep aras i dan penghantaran barang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Personal Finance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:39
Last Modified: 22 Jun 2016 06:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item