KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA KELOMPOK BELAJAR KUMBANG BELANG, SEMARANG

Intani, Nurul (2016) KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA KELOMPOK BELAJAR KUMBANG BELANG, SEMARANG. Masters thesis, Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
12.92.0050 Nurul Intani COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB I)
12.92.0050 Nurul Intani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II)
12.92.0050 Nurul Intani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB III)
12.92.0050 Nurul Intani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV)
12.92.0050 Nurul Intani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB V)
12.92.0050 Nurul Intani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (BAB VI)
12.92.0050 Nurul Intani BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.92.0050 Nurul Intani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis inkuiri pada kelompok belajar (KB) Kumbang Belang. Penelitian ini fokus pada pengamatan keterlibatan siswa dalam proses belajar di KB Kumbang Belang, Semarang. KB tersebut telah menggunakan metode pembelajaran berbasis inkuiri dalam proses pembelajarannya, metode Inkuiri merupakan metode yang mengajak siswa untuk bereksplorasi dan menggali potensi yang mereka miliki. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan kepada tiga subjek, terdapat dinamika keterlibatan pada ketiganya. Subjek pertama merupakan siswa yang pendiam dan kurang percaya diri, dan memiliki kesulitan untuk beradaptasi. Subjek kedua sempat kehilangan motivasi karena masalah keluarga dan subjek ketiga memiliki kendala kepercayaan diri karena merasa menjadi siswa minoritas yakni laki-laki sendiri. Melalui pembelajaran berbasis inkuiri, siswa diajak untuk bereksplorasi, belajar menghargai dan dihargai, perlahan siswa menjadi berani dan meningkat kepercayaan dirinya. Selain itu para siswa juga mendapat dukungan dari guru dan siswa lain sehingga siswa menjadi termotivasi dan semangat dalam belajar. Ketiga subjek merasa senang belajar di Kumbang Belang karena suasana dan metode belajar yang dibangun tidak kaku. Para subjek juga terlibat dalam menentukan tema dan tempat belajar, sehingga siswa memainkan andil besar dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh pada kepercayaan diri siswa, siswa menjadi berani mengajukan pendapat dan pertanyaan selama proses belajar berlangsung, sehingga suasana belajar dapat lebih hidup dan siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:11
Last Modified: 14 Jun 2016 05:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/10016

Actions (login required)

View Item View Item