YUNANTO, M. FAJAR (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDENGAR DALAM MENDENGARKAN RADIA PRAMBORS SEMARANG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto COVER.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text (BAB V)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
94.30.2111 M. Fajar Yunanto LAMPIRAN.pdf Download (551kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan dunia hiburan saat ini semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi dan hiburan. Selain itu maraknya berita-berita politik juga ikut memacu pertumbuhan dunia hiburan mengingat tingkat kejenuhan masyarakat akan berita-berit, :,,,litik kian tinggi. Maraknya media informasi dan hiburan yang ada juga ikut mendorong makin tingginya keingintahuan masyarakat akan media yang bersangkutan. Salah satu media informasi dan hiburan yang ada di Indonesia adalah radio dimana radio merupakan media yang memiliki jangkauan selektif terhadap segmen pasar tertentu Bisnis radio yang sering disebut juga sebagai bisnis frekuensi (Warta Ekonomi, 18 Maret 2002) juga tidak terlepas dad persaingan dimana masing-masing radio berlomba-lomba menguasai frekuensi seiring dengan maraknya bisnis penyiaran. S' am frekuensi yang berkaitan dengan kejernihan suara dan jan~uan siarart; altain YcMg dijadikan andalan setiap radio untuk mereb pendengar yaitu melalUl Eogram acara, lokasi, dan penylar. , Hal terseHut diatas juga terjadi pad Radio P bors FM Semarang yang berdiri aaa tangga 6 Oktober 2000 d erupakan anak cabang dari Radio J>ram ors FM Jakarta. Sebagai radio yang baru saja berdiri, Prambors Semaran telah m~unjukkan etc . ensinya seb gai salah atu radio yang memperolell tempai tersendiri di kalangan pendengar radio. Banyak hal yang selama .. dita~kan oteh Rrambors dalam menj~g pendengarnya khususnxa melalui pro~ acara yang terdiri dar:J. progr' , on air dan off air, lokasi yang mudali dijangkau dikarenakah ke<iekatamiy,a dengan pusat kota, frel&ensi yang"mudah diingat dan telah menjadi trademark Prambors (102.3 FM}, suara yang jernih dan,jarr~auan y g cuku luas serta penyiar yang benar~nar menguasai materi ~iaran. Bagi sua radio, pennengar memang m pakan tujuan utama. Semakin banyak ~ndengar, maka makin besarl ratiio yang pada akhimya berimplikasi pada pen atan radio yaitu metal . banyaknya iklan yang masuk. Sebagai stasiun radIo yangmengldiususkan pada segmen anak muda, Prambors harus benar-benar mengerti apa yang menjadi keinginan serta selera anak muda Semarang dimana rata-rata anak muda Semarang terpengaruh oleh gaya metropolitan dan modem yangjika keinginan tersebut dapat diakomodasi, bukan tidak mungkin Prambors akan menjadi stasiun radio terdepan di Semarang. Berdasarkan latar belakang itulah, maka peneliti mengadakan penelitian tentang apa saja yang dikehendaki oleh pendengar Radio Prambors FM Semarang dengan judul penelitian "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendengar Dalam Mendengarkan Radio Prambors Semarang."( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata ) v Dalam tinjauan pustaka dijelaskan tentang konsep yang digunakan dan definisinya, Ada beberapa konsep dalam tinjauan pustaka yaitu pengertian pemasaran. pengertian jasa, karakteristik jasa, pengertoan perilaku konsumen, pengaruh afeksi dan kognisi sebagai tanggapan psikologis, pengaruh yang mendasari pada perilaku konsumen, radio, masa depan radio, pendengar radio, struktur radio, serta kekuatan dan kelemahan radio, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengukuran validitas, reliabilitas berdasarkan korelasi product moment serta skor kualitas jasa. tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Selain itu populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 1999-2002 dengan sampel 100 mahasiswa yang didapat dengan menggunakan tehnik quota sampling. Pada pembahasan dikemukakan mengenai gambaran umum responden yang terdiri dari responden berdasarkan angkatan dan jenis kelamin serta hasil analisis faktor sebagai be 'kut : a. Faktor 1 ( Fl ) ter " ,-' v . abel X08 (penyiar mampu menguasai siaran), X04 ( nY.lapqnemiliKLInfonasi suara bagus), X05 (penyiar memiliki arna vokal yang bagus), XO t~nyiar memiliki artikulasi suara ang bagus), b. FaktOIi 2 (F2 . terdiri dari variabel X15 I iaran diterima dengan je ih), X07 (angka gelomtiang frekuensi mu diingat), X13 (brand e sudah terkenal), Xl 2--(iklan dikemas dengan menarik) c. Fhktor 3 3 ) terdiri dari yariabel XOI on air p'rogram sudah baik), 4 (me dapatkan darl memutar lagu baru), dan 9 (kuis atau game ~ g berliadiah) , d. F~or 4 I F4 ) terdiri dari variabel X16 Qmmbinasi nada), XIO (jam SI an yang panjang), X02 (fangkauan si¥an yan~ I as) e. aktor 5 ( F5 ) terdiri dari variabel X06 ( . 6 nya efek siaran ), ~ll (request agu)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:27 |
Last Modified: | 04 May 2016 03:27 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
View Item |