KUOLIN, JOHAN SULANTERA (2003) PROFIL PENUMPANG KERETA API BERDASARKAN SEGMENTASI DEMOGRAFI, PSIKOGRAFI, PERILAKU, DAN MANFAAT (STUDI KASUS PENUMPANG KERETA API ARGOMURIA DAN KAMANDANU) DAN KAMANDANU). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin COVER.pdf Download (663kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
99.30.3820 Johan Sulantera Kuolin LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sekarang Inl tujuan perusahaan jangan hanya mementingkan untuk memperol~h keuntungan semata, tapi perusahaan harus 1l1emahami dan lllengerti akan perubahan - perubahan, selera, dan kebutuhan konsumen. Maka perusahaan harus berbenah diri dan menjalankan kim - kiat dan tehnik manajemen. Langkah penting dalam menyusun kebijakan pemasaran adalah bagaimana kita mengetahui pasar sasaran. Proses identifikasi pasar sasaran (/org<!/ 11111rkl!/) diawali dengan melakukan identitikasi segmen pasar yang mungkin dimasukl. LJengan memahami perilaku dari konsumen, segmentasi bisa dilakukan mas dasar segmentasi demograti psikografi, perilaku, dan manfaat. Lingkungan dunia usaha yang terus berkembang Inenyebabkan persaingan jasa transportasi semakin meningkat, karena mereka berusaha mempertahankan bahkan meningkatkan gangsa:: p-asarnva. Hal ini juga terjadi pada PT. KAI yang menyediakan sarana ransportasi ntok asyarakat ul1l um. Akibat persaingan jasa transportasl yang semaKin meningkat, P. . / Al kehilangan 20 % penumpangnya. Maka strategi pemasaraA yang handal sangatla~ diutuhkan oleh PT. KAI untuk mendapatkan kembali penumpangnya. Salah satu caFa mencari kebijakan strategi pemasaran ./ang tepat yaitu den.!an mengetahui profit Renumpang yang menggunakan jasa 'ereta api berdasarkan seglnentasi detn0~rafi, psik-o rrafi, perilaku, dan manfaat. Adapun jud Kcreta Api Berdas kan Segmentasi 0emografi, Psikografi, Perila~u, dan Manfaat (Studi Kasus Pe mpang Kel1eta Api A:rgomuria dan Kamandan uf'. Dengan merumuskan permas laha sebagai berik ut : Bagaimana rofi! penumpang K AI1,-l()JTIuria berdasarkan segmentasi demoprafis ? Bagaimana prof! enumpang berdasarkan segmentasi psikogra IS? Bagaimana profit pen~01 !ang berdasarkan segmentasi peri lak u? Bagaimana profil penumpang KA Argomuria dan Kamandanu berdasarkan segmentasi manfaat? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan infonnasi kepada perusahaan yang telah dijadikan obyek penelitian (PT.KAI) mengenai profit konsumen pengguna KA Argomurian dan Kamandanu berdasarkan segmentasi demografis, psikografis, perilaku, dan manfaat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang KA Argomuria dan Kamandanu selama periode bulan April 2002 sampai dengan Maret 2003, kemudian N diambil sampel scbesar 104 responden berdasarkan rumus: n = J ~-\. "',;" : Nd- + 1 I . Dimana, n = jumlah sampel N = rata - rata populasi 0= toleransi nilai presisi dari rata - rata yang diharapkan tidak menyimpang yaitu 100,-'0 dengan jumlah sampel penumpang KA Argomuria sebanyak 52 responden dan sampel penumpang KA Kamandanu sebanyak 52 responden. Tehnik sampel yang digunakan adalah tehnik non random samp/mg. Jenis sampel yang digunakan adalah purpo .... '/ve sarnp/e, 111etode pengumpuJan data menggunakan metode kue.\·iol1er. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis desk,://JI(j Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah : I. Penumpang yang naik KA Argomuria memiliki eiri - elf! karakteristik sebagai berikut : mayoritas berjenis kelamin perempuan, usia 20 - 30 tahun, tingkat pendidikan SMU, pekerja<!n pelajar I mahasiswa, pendapatan dibawah Rp.500.000 sebulan, hobi mendeng cRan musik, hiburan nonton TV, kegiatan kemasyarakatan yang diikut" "' ait-u Kegiatan '~agamaan, tamasya pergi keluar kota, kot1l unitas berdasafkan agama, alasan pergi ke Jakarta 111engunjungi sanak saudara, tempa pembelian tiket melalui reserv, si, \Vaktu pembelian tiket 2 hari sebelcun hari H, tn€mi-Ii - nai' ? A Argom ria karena memilih manfaat kenyamaman dalam perjaianan. 2. Penumpang ~ g naik .~ A Katnandanu. tnemilt 'i ciri - eiri karakteristik sebagai bettiw t : mayoritas herjenis 'eiamin laki - laki , usia 20 - 30 tahun, tingkat pen idikan S I, peke~iaan Regawai swasta, pendapaL' n Rp.750.000- Rp.] .000.000 sebulan, hobi berofah [i ga~ hiburan nontli> TV, kegiatan kemasyarakatan Y'ang di 'kuti y~i tu kegiatah keagamaan, tamas~a pergi keluar kota dan mengunjungi sanak saudara, komunitas berdasarkan agama, alasan pergi ke Ja a k rena beke~ja, tempat pembelian tiket lelal ui reservasi, waktu pembeh,\n tiket 2 hari sebelul hari H, emilih na R KA Kamandanu karena memilth manfaat seIisih tarif ~!~ng lehin Il-lurah harga tiket KA Arg, ~uria. Saran dari penulis pad penelitian il)i adalah : I. Untuk KA Argomuria : ...,r--_ ~-=--IIIII I - Mempertahankan K~R~H:ranan dalam perjalanan, karena ini merupakan manfaat yang dipilih oleh mayoritas penumpang KA Argomuria. Meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. 2. Untuk KA Kamandanu : L--______ _ . _ - Mempertahankan selisih tarif dari KA Argomuria, karena mayoritas penumpang KA Kamandanu banyak yang memilih manfaat dari segi ekonomis yaitu harga tiket yang lebih murah / terjangkau. Meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Meningkatkan kcamanan dalam perjalanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 May 2016 01:44 |
Last Modified: | 04 May 2016 01:44 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |