KRISTIARINI, ANDREA (2003) PERBEDAAN KEPUASAN KERJA BERDASARKAN KARAKTERISTIK INDIVIDUAL (Karyawan PT. KALBE FARMA Cabang Yogyakarta). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
99.30.3437 Andrea Kristiarini COVER.pdf Download (644kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
99.30.3437 Andrea Kristiarini BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3437 Andrea Kristiarini BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3437 Andrea Kristiarini BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
99.30.3437 Andrea Kristiarini BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
99.30.3437 Andrea Kristiarini BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.30.3437 Andrea Kristiarini DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
99.30.3437 Andrea Kristiarini LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sumber daya manusia mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu organisasi. Hal ini telah disadari penuh oleh kalangan akademisi dan praktisi dibidang manajemen. Sumber daya manusia dapat dikatakan sebagai kekuatan sentral dalam suatu organisasi. Dengan perkataan lain, sumber daya manusia merupakan faktor penentu kearah tercapainya tujuan organisasi yang efektif dan efisien. Sebaliknya dalam berbagai kasus, kegagalan pencapaian tujuan dalan suatu organisasi apabila ditelusuri penyebabnya temyata terletak pada manusiamanusianya. Oleh karena itu faktor manusia sebagai sumber daya perlu mendapat perhatian serta penanganan yang serius agar mereka dapat bekerja dengan baik sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Demikian pula dengan PT Kalbe Farma Cabang Y ogyakarta yang menjadikan kepuasan kerja sebagai hal ang penting, dan dengan karyawan yang mempunyai umur, jenis kelamin, iaikan-9 masa kerja, status perkawinan dan jumlah tanggungan yang b rbe a - eda maKa-karya an juga mempunyai tingkat kepuasan yang berbe a - eda pula mengenai kepuasan erja mereka. Dengan melitiat hal tersebut aiatas, aka permasalal an dapat dirumuskan sebagai berikut: "Ai~kah ada perbedaan kepuasan kerja ditinjau dari karakteristik individu yaitu umur, jenis kelamin, pen idikan, masa kerja? status perkawinan dan jumlah tanggu~gan pada ~aryawan PT albe Farma Cabang YogyalCarta" . . Dalam ~nelitian ini, hipotesis y t1g akan diajukan adalall sebagai berikut : " Tidak ada pe ~daan rata - ra~ kepu n kerja yang melipu i gaji, pekerjaan, promosi, supervisi dan Fekan kerja berdasar urnur, j nis kelamin, pendidikan, masa kerja, s tus perka 'nan danjumlali tanggpngan". Populas' dalam peneHtian ini adalah seluruh karyawan ~masaran (Team Promosi dan Distllibusi) P'F Kalbe Farrna abang Yogyakarta, dl Jalan Magelang Km 5 Kabupate Slernan yang berjumlah 43 orang. Seluru karyawan tersebut akan diteliti dan men" adi responden. Metode analisls tlata yang digunakan adalah l'ualitatif dan kuantitatif, yaitu sebagai berikut : 1. Analisis Kualitatif menggunakan re-ntang ska1a Analisis ini dilakukan dengan mennci jawaban responden yang dikelompokan dalam satu kategori skor. Tingkat kepuasan kerja karyawan memiliki rata-rata skor untuk seluruh pertanyaan adalah 3,80 dan skor ini berada pada rentang skala 3,7 - 4,5 yang berarti termasuk dalam kategori tingkat kepuasan kerja yang puas. 2. Analisi kuantitatif dengan menggunakan One Way Anova Analisis ini digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan kerja ditinjau dari karakteristik individual yaitu umur, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja, status perkawinan danjumlah tanggungan. Hasil penelitian data terhadap kepuasan kerja yang meliputi gaji, pekerjaan, promosi, supervisi dan rekan kerja berdasarkan karakteristik individual (umur, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja, status perkawinan dan jumlah tanggungan) maka hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Tingkat kepuasan terhadap gaji, memiliki rata-rata skor 4,80 dan skor ini berada pada rentang skala 3,7 - 4,5 yang tennasuk dalam ketegori puas 2. Tingkat kepuasan terhadap pekerjaan, memiliki rata-rata skor 3,68 dan skor ini berada pada rentang skala 2,8 - 3,6 yang termasuk dalam kategori netral. 3. Tingkat kepuasan terhadap promosi, memiliki rata-rata skor 4,06 dan skor ini berada pada rentang skala 3,7 - 4,5 yang termasuk pada kategori puas. 4. Tingkat kepuasan terhadap supervisi, memiliki rata-rata skor 3,47 dan skor ini berada pada rentang skala 2,8 - 3,6 yang termasuk pada kategori netral. 5. Tingkat kepuasan terhadap rekan kerja, memiliki rata-rata skor 3,84 dan skor ini barada pada rentang skala 3,7 - 4,5 yang termasuk pada kategori gaJl,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 03 May 2016 04:15 |
Last Modified: | 03 May 2016 04:15 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8840 |
Actions (login required)
View Item |