PERMANASARI, SORAYA PUTERI (2010) PERSEPSI KEPUASAN KERJA KARYAWAN FRONT OFFICE DAN BACK OFFICE BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG KUDUS. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
06.30.0071 Soraya Puteri P COVER.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.30.0071 Soraya Puteri P BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0071 Soraya Puteri P BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0071 Soraya Puteri P BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0071 Soraya Puteri P BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
Text (BAB V)
06.30.0071 Soraya Puteri P BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0071 Soraya Puteri P DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
06.30.0071 Soraya Puteri P LAMPIRAN.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan kerja adalah suatu keadaan emosi seseorang yang positif maupun menyenangkan yang dihasilkan dan penilaian suatu pekerjaan atau pengalaman kerja. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Hal ini tampak dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya. Pada peneliain ini akan difokuskan pada kepuasan kerja karyawan back office dan front office pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kudus. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah persepsi responden di bagian front office terhadap variabel kepuasan kerja? (2) Bagaimanakah persepsi responden di bagian back office terhadap variabel kepuasan kerja? (3) Apakah ada perbedaan persepsi responden di bagian front office dan back office terhadap variabel kepuasan kerja? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui persepsi responden di bagian front office terhadap variabel kepuasan kerja. (2) Untuk mengetahui persepsi responden di bagian back office terhadap variabel kepuasan kerja. (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi responden di bagian front office dan back office terhadap variabel kepuasan kerja. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan persepsi responden di bagian front office dan back office terhadap variabel kepuasan kerja. Obyek penelitian ini adalah Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus. BRI Cabang Kudus ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudriman No. 66, Kudus. Alasan dipilihnya perusahaan ini sebagai obyek penelitian adalah karena pada perusahaan ini belum pernah dilakukan penelitian dengan judul serupa dan kesediaan perusahaan untuk diteliti sehingga mempermudah akses penyebaran kuesioner serta perolehan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap yang bekerja pada BRI Cabang Kudus dengan jumlah 70 orang. Sedangkan sampelnya yaitu menggunakan teknik sampel purposive karena penentuan sampelnya dengan pertimbangan tertentu yaitu hanya untuk karyawan tetap yang bekerja pada bagian front office dan back office saja yang berjumlah 31 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Untuk mengumpulkan data primer ini digunakan kuesioner. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji ANOVA One-Way. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Persepsi responden di bagian front office terhadap variabel kepuasan kerja termasuk cukup puas. (2) Persepsi responden di bagian back office terhadap variabel kepuasan kerja termasuk puas. (3) Ada perbedaan persepsi responden di bagian front office dan back office terhadap variabel kepuasan kerja. Sedangkan saran yang dikemukakan pada penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak bank BRI dapat meningkatkan persepsi karyawannya terhadap kepuasan kerja untuk karyawan front office karena termasuk kategori cukup puas menjadi puas. Maka ada beberapa saran yang dapat diterapkan: melakukan penilaian kembali terhadap besarnya gaji yang diterima, karena berkaitan dengan pekerjaan yang cukup berat, memberikan THR, tunjangan kesehatan, tunjangan kematian, dana pensiun yang lebih layak, melakukan rotasi pekerjaan supaya tidak monoton dan jenuh, mengadakan FPK (Forum Peningkatan Kerja) seperti mengadakan outbound bersama, piknik bersama. (2) Sebaiknya pihak bank BRI dapat mempertahankan persepsi karyawannya terhadap kepuasan kerja untuk karyawan back office karena termasuk puas. Maka ada beberapa saran yang dapat diterapkan: mempertahkankan besarnya gaji yang diterima, tetap memberikan THR, tunjangan kesehatan, dan tunjangan lainnya, memelihara hubungan baik dengan karyawan back office. (3) Pada penelitian selanjutnya dengan topik yang sama dapat dilakukan perbandingan antara beberapa bank untuk persepsi kepuasan kerja karyawan atau menggunakan tambahan bagian lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > Job satisfaction |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 May 2016 06:26 |
Last Modified: | 02 May 2016 06:26 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8729 |
Actions (login required)
View Item |