ANINDITO, GIBRAN RIO (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENUNJANG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA BALITA MELALUI MEDIA ANIMASI INTERAKTIF. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito COVER.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0126 Gibran Rio Anindito DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Banyak orang tua yang tidak memperhatikan pembentukan karakter anak, padahal pembentukan karakter sangat penting bagi anak terutama apabila nantinya anak-anak sudah memasuki lingkungan di luar keluarga. Pembentukan karakter anak mencakup perkembangan otak kanan dan kiri, namun kebanyakan hanya memperhatikan otak kiri tanpa mempertimbangkan otak kanan. Perkembangan otak kanan mencakup intelektual, moral, dan emosional (IQ, EQ, AQ). Dalam keluarga kelas menengah ke atas, anak-anak cenderung dilepas dan mempercayakan hiburan anak kepada teknologi. Di lain sisi, televisi dan games pada gadget tidak sepenuhnya memperhatikan perkembangan karakter anak, dan justru mempertontonkan kekerasan yang memicu anak untuk mencontoh. Jadi, sangat diperlukan tontonan yang mendidik yang mampu membimbing anak terutama pada saat masa pembentukan karakter. Anak-anak di Indonesia sangat membutuhkan tontonan yang mendidik, sehingga perlu adanya perancangan animasi interaktif yang membantu anak dalam pembentukan karakter anak. Mengapa animasi, karena animasi mampu menciptakan hal imajinatif dan fantasi dimana anak-anak memiliki imajinasi yang luas, sehingga animasi mampu menyeimbangi imajinasi anak-anak. Dan unsur interaktif agar anak-anak mendapatkan pengalaman lebih dalam menonton animasi, serta menggantikan bimbingan orang tua dalam hal tertentu. Animasi interaktif nantinya dapat dimainkan digadget dengan pertimbangan gadget merupakan media yang dekat dengan anak-anak di jaman sekarang, dan juga animasi dapat diputar berulang-ulang sesuai kemauan anak-anak. Sehingga, dimana orang tua yang sudah terbiasa mengandalkan gadget sebagai alat hiburan anak, orang tua tidak perlu cemas akan konten-konten yang berisi kekerasan atau yang tidak mendidik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 11:11 |
Last Modified: | 26 May 2023 03:25 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/600 |
Actions (login required)
View Item |