ANALISIS TIPOGRAFI DALAM KONTEN INSTAGRAM @disbudparkotasemarang SEBAGAI PENGUATAN CITY BRANDING SEMARANG SIMPUL EKONOMI JAWA

widiantoro, bayu and Hardjana, Alfons Christian and bayusena, bonifacius (2024) ANALISIS TIPOGRAFI DALAM KONTEN INSTAGRAM @disbudparkotasemarang SEBAGAI PENGUATAN CITY BRANDING SEMARANG SIMPUL EKONOMI JAWA. Nirmana, - (-). pp. 43-49. ISSN 2721 5695 (Submitted)

[img]
Preview
Text
jurnal 4_2.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://nirmana.petra.ac.id

Abstract

Pengaplikasian tipografi dalam visual konten pada Instagram tidak jarang berbeda dengan bentuk dan jenis tipografi yang ada di dalam logotype yang digunakan, atau dengan kata lain tipografi yang digunakan bukan turunan dari logo yang ada, sehingga tipografi pada konten bukan menjadi penguat sebuah brand. Demikian halnya dengan yang terjadi dengan logo city branding Semarang simpul ekonomi Jawa, dalam penerapan tipografi yang ada pada media sosial Instagram yang dikelola oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kota Semarang. Permasalahan yang muncul di dalam postingan Instagram tersebut terdapat beberapa jenis pengaplikasian yang disinyalir kurang sesuai dengan logo city branding yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kesesuaian antara brand yang dicanangkan dengan proses branding yang diaplikasikan melalui tipografi pada desain visual tampilan postingan @disbudparkotasemarang. Data diambil dari akun Instagram yang diposting sejak city branding Semarang, simpul ekonomi Jawa dimunculkan. Analisis dilakukan dengan melihat pada jumlah bentuk huruf yang digunakan dan jenis tipografi yang ada di dalamnya. Hal ini kemudian dikaitkan dengan bentuk tipografi yang ada di dalam logo city branding Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah kesesuaian antara bentuk huruf dan jenis tipografi dengan brntuk dan jenis tipografi yang ada pada logo city branding Semarang simpul ekonomi Jawa. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pembuatan standarisasi penggunaan tipografi dan huruf pada postingan Instagram untuk memperkuat city branding Semarang simpul ekonomi Jawa. Katakunci: brand,citybranding,tipografi,Semarang

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > Culture
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Bayu Widiantoro
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:43
Last Modified: 21 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36087

Actions (login required)

View Item View Item