SUWIGNYO, CINTA BUDIYANTO (2024) ANALISIS PERSPEKTIF KONSUMEN PADA INTERAKSI SIMBOLIK DALAM AKTIVITAS EXPERIENTIAL MARKETING DI KEDAI PINARA SEMARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - DAFPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0055 - CINTA BUDIYANTO SUWIGNYO - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Experiential marketing merupakan salah satu konsep dalam komunikasi pemasaran dengan memberikan pengalaman-pengalaman yang unik yang dilakukan oleh penjual terhadap konsumen. Tujuan dari experiential marketing adalah untuk meningkatkan citra dari produk maupun merek yang sedang ditawarkan serta menjadi pembeda dari yang lain karena memiliki identitas tersendiri. Pengalaman yang dihasilkan dari penerapan experiential marketing ini terdapat sebuah interaksi simbolik di dalamnya. Pada interaksi tersebut, terdapat pertukaran simbol-simbol antar komunikan dan komunikator yang kemudian akan menciptakan sebuah makna. Penelitian ini menggunakan Kedai Pinara yang bertempat di Semarang sebagai objek penelitian. Kedai Pinara telah melakukan strategi komunikasi pemasarannya dengan menerapkan experiential marketing, dimana Mas Mentik melakukan pemanggilan nama-nama tersebut dengan menggunakan simbol berupa suara dan gestur-gestur tubuh dengan lagu maupun nada yang unik. Sedangkan konsumen, akan menukarkan simbolnya dengan memberikan reaksi berupa tepuk tangan, ataupun gestur tubuh lainnya. Namun, pada penelitian ini akan focus tehadap perspektif konsumen. Berdasarkan fenomena tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana analisis perspektif konsumen pada interaksi simbolik dalam aktivitas experiential marketing di Kedai Pinara Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan dua informan, observasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui observasi yang dilakukan, Kedai Pinara melakukan interaksi simbolik dengan menukarkan simbol-simbol berupa gestur tubuh serta lambaian tangan. Hal ini disertai dengan ornamen dan dekorasi di Kedai Pinara yang khas akan Tiongkok. Sebaliknya, pihak konsumen menukarkan simbolnya dengan memberikan reaksinya berupa ekspresi tertawa, tepuk tangan, pendokumentasian, serta ikut memeriahkannya. Setelah adanya penukaran simbol, terdapat makna yang tercipta yaitu iconic, ekonomis, memikat perhatian, serta peningkatan brand awareness. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perspektif konsumen yang berupa makna-makna pada interaksi simbolik dalam aktivitas experiential marketing di Kedai Pinara Semarang. Hasil dari penelitian ini kiranya dapat menjadi masukan untuk Kedai Pinara dalam merancang serta melaksanakan komunikasi pemasaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Law and Communication |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:19 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35955 |
Actions (login required)
View Item |