PUTRA, EDWARD WINATA SUGIANTO (2024) GAME EDUKASI INVESTASI BERJANGKA BERBASIS AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - DAFPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.N2.0001 - EDWARD WINATA SUGIANTO PUTRA - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Investasi merupakan aspek penting dalam kehidupan finansial individu dan masyarakat secara keseluruhan. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep investasi, risiko, dan pengelolaan keuangan. Metode pendidikan investasi konvensional seperti buku teks memiliki efektivitas yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi game edukasi yang berbasis Augmented Reality (AR), yang dirancang untuk mengenalkan konsep investasi kepada masyarakat secara interaktif dan mendalam. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metodologi waterfall, sedangkan untuk penelitian sendiri menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan tinjauan pustaka. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa game "Invesi" berhasil membantu pengguna memahami konsep investasi dengan lebih baik. Game ini menyediakan narasi dan tes interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan materi yang disajikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknologi AR memiliki potensi besar dalam pendidikan, khususnya dalam memperkenalkan konsep investasi. Game "Invesi" berhasil menciptakan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan interaktif, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang investasi tetapi juga menarik minat pengguna untuk belajar lebih lanjut. Ini menunjukkan bahwa integrasi elemen interaktif dan edukatif dalam game berbasis AR dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan literasi finansial. Kata Kunci: Game Edukasi, Augmented Reality, Investasi, Literasi Finansial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Ms Dewi Soelistyowati |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:05 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35946 |
Actions (login required)
View Item |