EXPLORING THE USE OF TIKTOK FOR DEVELOPING STUDENT’S MOTIVATION AND EFL SKILL

SOEHARTO, DHEA VANIASTUTI (2024) EXPLORING THE USE OF TIKTOK FOR DEVELOPING STUDENT’S MOTIVATION AND EFL SKILL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - COVER_a.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO - DAPUS_a.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
20.J1.0011 - DHEA VANIASTUTI SOEHARTO-LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

ABSTRAK Pertanyaan penelitian yang mendorong penelitian ini ada dua: pertama, untuk menyelidiki fitur sosial dan interaktif TikTok yang umum digunakan oleh siswa, dan kedua, untuk mengeksplorasi manfaat yang dirasakan dari mengintegrasikan TikTok sebagai alat pembelajaran untuk pengembangan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa dari 18 perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia, menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 101 responden. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pelajar secara umum memiliki pandangan positif terhadap TikTok sebagai platform untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Hal ini diakui tidak hanya sebagai media yang menghibur tetapi juga sebagai alat yang berharga untuk pembelajaran bahasa, menyediakan fitur sosial 'Hashtag dan Tantangan' dan fitur interaktif 'Temukan dan Jelajahi' yang memungkinkan siswa untuk menyesuaikan pencarian mereka, sehingga mendorong keterlibatan aktif. Dengan ini TikTok bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, berbicara, dan membaca, meningkatkan motivasi belajar siswa, membangun komunitas belajar, dan mengeksplorasi konten. Semua ini yang menekankan pentingnya platform ini dalam pembelajaran bahasa dalam era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 May 2024 06:40
Last Modified: 14 May 2024 06:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35438

Actions (login required)

View Item View Item