YUDHA, ALRIZA CARELLA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD PADA ANAK DISABILITAS KOGNITIF RINGAN KELAS V SLB NEGERI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0199-Alriza Carella Yudha-COVER_a.pdf Download (886kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0199-Alriza Carella Yudha-BAB_a.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
|
Text
19.E1.0199-Alriza Carella Yudha-DAPUS_a.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0199-Alriza Carella Yudha-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan membaca dengan adanya penerapan metode reading aloud yang dilakukan pada anak disabilitas kognitif ringan kelas V. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif menggunakan bentuk One Group Pre-test Post-test Design dengan analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Subjek berjumlah 3 orang anak. Pengumpuan data menggunakan teks yang berisi 63 suku kata. Treatment reading aloud dilakukan tiga kali pada setiap anak. Berdasarkan data yang telah diuji didapatkan hasil nilai Z = -1,604 dan Asymp. Sig. (2-tailed) = ,109 maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh metode reading aloud terhadap peningkatan kemampuan membaca pada siswa disabilitas kognitif ringan ditolak. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu tidak adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan metode reading aloud dengan kemampuan membaca anak disabilitas kognitif ringan ditinjau berdasarkan hasil uji analisis nilai Z sebesar -1,604 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) = .109, namun terdapat peningkatan yang terjadi pada mean pretest 46,67 sedangkan posttes 57,67.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Psychological Testing |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 05:25 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 05:25 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33698 |
Actions (login required)
View Item |