PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF UNTUK RITEL FASHION TOKO SAKURA SEMARANG BERDASARKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

RIMAWAN, REZA ARSYA (2023) PENGEMBANGAN STRATEGI ALTERNATIF UNTUK RITEL FASHION TOKO SAKURA SEMARANG BERDASARKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-COVER_a.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-DAPUS_a.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
16.D2.0010-Reza Arsya Rimawan-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Sakura Fashion berdiri sejak 21 Desember 1990, merupakan toko yang menjual aneka pakaian jadi. Permasalahan yang dihadapi oleh Sakura Fashion adalah terjadinya persaingan yang ketat di daerah Kauman Semarang. Berdasar permasalahan tersebut, perlu adanya perumusan strategi terbaik yang dapat diterapkan Sakura Fashion untuk menghadapi persaingan yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi alternatif yang terbaik dan tepat untuk Sakura Fashion. Penelitian ini menggunakan metode Qualitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan strategi alternatif terbaik diantara 5 strategi yang dirumuskan. Terdapat 1 orang pemilik, 4 orang koordinator toko, dan 15 orang konsumen yang menjadi responden. Wawancara dan kuesioner digunakan dalam metode penelitian. Penelitian ini menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM untuk pengolahan data. Hasil penelitian pada matriks IE didapatkan bahwa strategi yang tepat ialah ditahan dan dijaga (hold and maintain). Didapatkan 5 strategi alternatif dari matriks SWOT yang selanjutnya akan ditentukan strategi terbaik dalam matriks QSPM. Didapatkan hasil dari matriks QSPM yaitu strategi ST (meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan serta memberikan penawaran spesial) merupakan strategi alternatif yang terbaik untuk Sakura Fashion.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Jun 2023 00:45
Last Modified: 05 Nov 2024 06:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item View Item