PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TERPADU DAN CERAMAH DALAM PENDIDIKAN SEKSUALITAS BAGI REMAJA

Hidayati, Vesti Fresdiati (2007) PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TERPADU DAN CERAMAH DALAM PENDIDIKAN SEKSUALITAS BAGI REMAJA. Masters thesis, Magister Profesi Psikologi UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
04.92.0035 Vesti Fresdiati Hidayati LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Remaja membutuhkan informasi yang benar mengenai seksualitas, informasi ini dapat diperoleh remaja mela'ui guru bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini mencoba untuk memberikan informasi kepada guru bimbingan konseling mengenai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman remaja tentang seksualitas. Metode pembelajaran terpadu dan ceramah adalah metode yang penulis pilih dalam penelitian ini. Metode pembelajaran terpadu mewakili metode yang menghendaki partisipasi aktif siswa, sedangkan metode pembelajaran ceramah adalah metode yang berpu-sat pada guru. Penelitian dilakukan di SMF "Yayasan PharmasilJ Semarang dengan melibatkan 2~ subjek yang dibagi seeara aeak dalam tiga kelompok, yaitu kelompok embelajaran terpadu, kelompok pembelajaran ceramah dan kelompok Kontrol. Pembelajaran diberikan sebanyak 6 kali pertemuan dengan durasi waktu pelatitian selama 2 X 45 menit. Dengan menggunakan PretestPostiest Control Group Design. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengenai seksualitas antara kelompok eksperimeR dengan kelompok kontrol memang berbeda seeara signifikan sehingga hipotesis pertama diterima. Pemahaman siswa pada kelompok pembelajaran eeramah ternyata lebih baik jika dibandingkan deng n kelompok pembelajaran terpadu sehingga hipotesis kedua penulis ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Sex Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs. Rini Yastuti
Date Deposited: 18 Sep 2015 12:46
Last Modified: 18 Sep 2015 12:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item