PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI KASUS LP KELAS 1 KEDUNGPANE SEMARANG)

PERTIWI, DIAH AYU (2023) PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (STUDI KASUS LP KELAS 1 KEDUNGPANE SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-DAPUS_a.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
17.C1.0050-Diah Ayu Pertiwi-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

Anak yang berkonflik dengan hukum dan menjalani pidana penjara harus mendapatkan pemenuhan hah-haknya. Salah satunya adalah hak atas pendidikan. Mengingat anak sebagai penerus bangsa dan masih memiliki masa depan yang panjang, maka haknya untuk mendapatkan pendidikan di Lembaga Pemasyarakatan tetap harus dipenuhi dengan baik. Selain itu anak yang berkonflik dengan hukum di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kedungpane Semarang merupakan minoritas, sehingga pemenuhan hak atas Pendidikan harus diperhatikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak yang berkonflik dengan hukum di LP Kedungpane Semarang? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam memenuhi hak anak yang berkonflik dengan hukum untuk mendapatkan pendidikan di LP Kedungpane Semarang ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, agar hasil penelitian akurat maka peneliti melakukan wawancara terhadap narasumber dan responden untuk melihat secara langsung tentang pelaksanaan hak atas pendidikan bagi anak di LP Kedungpane Semarang, yang mana menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang mana tidak perlu menggunakan hitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LP Kedungpane Semarang menyediakan sarana bagi anak yang berkonflik dengn hukum, untuk memenuhi hak atas pendidikannya. Namun situasi dan kondisi sedikit berbeda mengingat pada saat ini masih terdapat dampak dari virus Covid 19. Sebelum Covid 19 kegiatan pendidikan dilakukan secara langsung, dengan guru dari PKBM Bangkit datang ke LP Kedungpane Semarang. Saat pandemi Covid 19, kegiatan pendidikan hanya dilakukan dengan Online (daring).. Meskipun terdapat perbedaan pendapat dan kurang baiknya koordinasi antara Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang, tetapi Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang tetap memberikan hak atas pendidikan bagi anak yang berkonflik dengan hukum.. Kendala yang dihadapi adalah belum adanya peraturan yang mengatur pelaksanaan hak atas pendidikan bagi anak yang berkonflik dengan hukum khususnya anak yang berada di Lembaga Pemasyarakatan. Kurangnya anggaran atau dana yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan bagi anak yang berkonflik dengan hukum khususnya di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang; Pelaksanaan pemidanaan anak yang relative pendek; Terbatasnya waktu dan tenaga untuk melaksanakan pendidikan di Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang;

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:24
Last Modified: 11 Nov 2024 04:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30940

Actions (login required)

View Item View Item