HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KOPI DENGAN PERILAKU KONSUMSI KOPI DI COFFEE SHOP LOKAL KOTA SEMARANG

ANUGRAH, VICTOR BAGAS (2022) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KOPI DENGAN PERILAKU KONSUMSI KOPI DI COFFEE SHOP LOKAL KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_COVER_a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_DAPUS_a.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
15.I1.0111-VICTOR BAGAS ANUGRAH_LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu bahan pangan yang sangat diminati oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Aneka sajian kopi dapat dinikmati di coffee shop antara lain espresso, cappuccino, latte, dan kopi susu. Banyaknya sajian kopi yang dapat dinikmati menyebabkan luasnya persepsi akan kopi di pikiran masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, persepsi, pengetahuan, perilaku sosial, dan perilaku konsumsi kopi di coffee shop lokal kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang menggunakan 5 variabel yang mendiskripsikan karateristik, persepsi, pengetahuan, perilaku sosial, dan perilaku konsumsi. Metode penelitian yang dilakukan dengan 3 tahapan yaitu survei pendahuluan, survei utama dan analisa hasil survei yang dilakukan terhadap 285 responden yang dibagi ke 2 golongan yaitu karyawan dan non karyawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi responden menyukai kopi karena rasanya yang enak sebesar 22% pada kategori karyawan dan 24% pada kategori non karyawan menyukai karena adanya efek positif. Rasa kopi yang nikmat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu dari lokasi tanam, metode pemanenan, proses pascapanen, dan metode seduh. Efek positif yang dicari setelah mengkonsumsi kopi antara lain menghilangkan kantuk, meningkatkan fokus, dan menyegarkan badan. Masyarakat mengunjungi coffee shop dipengaruhi oleh suasana yang nyaman dan menarik, selain itu masyarakat juga ingin menikmati secangkir kopi baik dalam keadaan penat maupun keadaan santai bersama teman. Dari penelitian ini, dihasilkan tiga kesimpulan, yaitu, karakteristik responden di Kota Semarang memiliki range usia antara 20-30 dengan latar belakang pendidikan minimal SMA dengan pendapatan < Rp. 1.000.000,00 yang terbagi dalam dua kategori yaitu karyawan dan non karyawan, persepsi konsumen mengunjungi coffee shop adalah tempat untuk bersosialisasi, nongkrong dan dijadikan sebuah ajang untuk menjaga gengsi, dan perilaku konsumen mengunjungi coffee shop minimal 1 bulan 1 kali di malam hari bersama dengan teman dengan sajian kopi latte sebagai menu pilihan yang diminati di coffee shop.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:52
Last Modified: 14 Nov 2024 08:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item