Rahmadani, Agnes Erma (2009) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN TARIF OPERATOR TELEPON SELULER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT EXCELCOMINDO PRATAMA CABANG SEMARANG). Other thesis, Prodi Ilmu hukum Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani COVER.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (BAB I)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (BAB III)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (BAB IV)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.20.0018 Agnes Erma Rahmadani DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Praktek perdagangan yang ada menunjukkan bahwa banyak perilaku pelaku usaha yang merugikan konsumen diantaranya barang dan/atau jasa yang beredar di pasaran tidak sesuai dengan iklan di media massa ataupun di media elektronik. Sebagai contoh perang tarif antar operator telepon seluler semakin membingungkan. Semua operator ramai-ramai menurunkan tarif, namun pelanggan justru terjebak dalam perang dan bingung memilih yang terbaik. Bukannya mendapat untung dengan tarif murah, konsumen justru akan tersesat dengan segala syarat dan ketentuan yang tidak dijelaskan secara rinci setiap promo. Oleh karena itu penulis mengangkat judul “Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Atas Iklan Tarif Operator Telepon Seluler Ditinjau Dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang).” Berdasarkan pemikiran tersebut, maka permasalahan yang diambil penulis adalah siapa yang bertanggungjawab kepada konsumen atas iklan tarif telepon PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang? Bagaimana tanggung jawab yang diberikan pelaku usaha terhadap konsumen atas iklan tarif telepon PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu metode yang menekankan proses pemahaman peneliti atas perumusan masalah untuk mengkonstruksi sebuah gejala hukum yang kompleks dan holistik. Responden yang diwawancarai adalah Public Relation PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang, Kepala Perusahaan Iklan Wicaksana Advertising di Semarang, dan 5 orang konsumen yang menggunakan jasa operator PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang. Dari analisis terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen, pelaku usaha yang bertanggungjawab kepada konsumen atas iklan tarif telepon adalah PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang dan perusahaan periklanan Wicaksana Advertising hal ini dapat dibuktikan dalam ketentuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 4 mengenai hak-hak konsumen, Pasal 7 mengenai kewajiban konsumen, serta Pasal 9, Pasal 10 dan Pasal 13. Bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh PT Excelcomindo Pratama Cabang Semarang kepada konsumen yaitu berupa penjelasan mengenai program-program yang kurang jelas, sedangkan Wicaksana Advertising yaitu tidak memberikan tanggung jawab kepada konsumen. Bentuk tanggung jawab kedua pelaku usaha tersebut belum sesuai dengan aturan dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 19 yaitu berupa pembayaran ganti rugi. Kata kunci: tanggung jawab, periklanan, perlindungan konsumen,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Consumer law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 12:17 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 00:12 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2962 |
Actions (login required)
View Item |