Mengembangkan Self Regulation Mahasiswa agar dapat Mengikuti Pembelajaran Online Lebih Produktif

Hernawati, Lucia and Eriany, Praharesti (2021) Mengembangkan Self Regulation Mahasiswa agar dapat Mengikuti Pembelajaran Online Lebih Produktif. Prosiding Sendimas VI, 5 (1). pp. 233-238. ISSN 2451-559X

[img]
Preview
Text
Page 262 Prosiding Sendimas - 2021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mengelola dirinya (self regulation/SRL) agar dapat mengikuti pembelajaran online dengan lebih produktif. Dua puluh empat mahasiswa fakultas Psikologi Unika Soegijapranata berpartisipasi dalam pelatihan ini. Sebelum pelaksanaan, peserta diminta untuk mengisi skala yang berisi aitem tentang SRL sebagai data pre test. Pelatihan diselenggarakan dalam 4 minggu dengan durasi waktu 120 menit setiap sesi yang akan disampaikan secara daring dengan menggunakan platform google meet. Setiap sesi pelatihan diikuti dengan pemberian tugas rumah yang harus disusun dan dipraktekkan. Di akhir sesi akan diberikan skala SRL yang sama sebagai data post test. Materi pelatihan mencakup : (1)Penyampaian materi tentang SRL, menetapkan goal setting dan latihan untuk menyusun aktivitas harian selama satu hari; (2) Pemberian materi tentang kesiapan diri sebelum-saat dan setelah mengikuti pembelajaran online dan time management; (3) Evaluasi pelaksanaan dari perencanaan yang telah dilakukan selama 3 hari; (4) Evaluasi pelaksanaan aktivitas yang diselenggarakan selama 5 hari.Lembar informed consent diberikan untuk memastikan kesediaan peserta untuk mengikuti keseluruhan pelatihan. E-sertifikat diberikan pada peserta yang mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Data pre test dan post test dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik analisis Uji Paired T-Test. Hasilnya menunjukkan nilai t = 1.707 (p>0.05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan antara sebelum dan setelah mengikuti pelatihan. Sekalipun demikian, secara lisan peserta menyampaikan setelah mengikuti pelatihan ini lebih mampu mengelola waktunya dengan lebih prduktif, menetapkan goal setting, membuat perencanaan aktivitas yang realistis dengan menimbang aktvitas lain yang harus dilakukan seperti waktu untuk istirahat, family time dan me time. Kata kunci ; Pelatihan Self Regulation, Pembelajaran Online,Mahasiswa

Item Type: Article
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Lucia Hernawati
Date Deposited: 12 May 2022 03:39
Last Modified: 12 May 2022 03:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item