Wantoro, Sri Bambang (2020) PENGARUH RELAKSASI PROGRESIF TERHADAP TINGKAT PENURUNAN BURNOUT PADA GURU. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.40.0261_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
13.40.0261_BAB 1.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
13.40.0261_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
|
Text (BAB 3)
13.40.0261_BAB 3.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 4)
13.40.0261_BAB 4.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
13.40.0261_BAB 5.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6)
13.40.0261_BAB 6.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0261_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.40.0261_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relaksasi progresif terhadap tingkat penurunan burnout pada guru. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada perbedaan burnout antara sebelum diberi perlakuan relaksasi progresif dan sesudah diberi relaksasi progresif dimana burnout setelah diberi perlakuan lebih rendah dibandingkan sebelum diberi perlakuan.Subjek penelitian adalah guru yang berada di sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan adalah 10 guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala MBI (Maslach Burnout Inventory) dan treatment yang diberikan menggunakan relaksasi progresif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Z = -2,803 (p < 0,01) yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada skor pre-test dan posttest pada pemberian treatment relaksasi progresif. Berdasarkan analisis ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | ms F. Dewi Retnowati |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:52 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:52 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24778 |
Actions (login required)
View Item |