ANALISIS FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT MENJADI ECOPRENEUR PADA USAHA MIKRO KECIL DI SEMARANG

Sugianto, Ade Ferdian (2019) ANALISIS FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT MENJADI ECOPRENEUR PADA USAHA MIKRO KECIL DI SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - BAB IV.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.D1.0017 ADE FERDIAN SUGIANTO (5.13) - LAMPIRAN.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi ecopreneur dalam membuat suatu bisnis hijau, baik itu faktor pendorong maupun faktor penghambat. Bisnis tahu dan juga batik menjadi fokus dalam penelitian ini karena permasalahan lingkungan yang ada lebih mengarah pada hasil limbah atau pembuangan sisa produksi yang tidak terpakai untuk diupayakan agar dapat bermanfaat kembali. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat seseorang menjadi ecopreneur yang terjadi pada pelaku usaha Usaha Mikro Kecil industri tahu dan juga industri batik yang ada di Semarang. Penelitian ini mengambil sampel terhadap 10 responden yang menjadi pelaku usaha tahu dan juga batik, yang telah memulai atau menerapkan bisnis hijau minimal satu tahun. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor pendorong untuk menjadi ecopreneur yaitu keinginan untuk menjadi pemilik utama sebuah bisnis, melihat bisnis hijau merupakan cara yang lebih baik dalam menjalankan sebuah bisnis, peluang yang ada di pasar produk hijau, ketertarikan untuk memperbaiki proses produksi baik limbah maupun bahan baku yang digunakan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, serta faktor penghambat untuk menjadi ecopreneur yaitu kesadaran terhadap bisnis maupun produk hijau, keterbatasan pengetahuan dan informasi, pemerintah yang kurang menindaklanjuti program yang diberikan, serta media promosi yang masih terbatas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:08
Last Modified: 23 Sep 2020 05:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item