Murwati, Murwati (2019) EVALUASI EKSPLORATIF IMPLEMENTASI NILAI-NILAI CERDAS, OTENTIK, IMAN AKAN PENYELENGGARAAN ILAHI DAN SOLIDER (COIS) PADA GURU-GURU YAYASAN PENYELENGGARAAN ILAHI INDONESIA, SEMARANG. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf BAB I.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf BAB III.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf BAB IV.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf DAPUS.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
18.D3.0016 MURWATI (3.59)..pdf LAMP.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Karakter pribadi yang kuat, yaitu: pribadi yang jujur, disiplin, beriman, bertanggungjawab, rela berkorban, dan mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri, adalah karakter pribadi yang dapat membuat masyarakat sejahtera dan negara berkembang serta maju. Bisa dikatakan pula bahwa kualitas seseorang tidak hanya diukur dari IQ (kecerdasan) saja, melainkan juga EQ (karakter yang tumbuh berkembang). Pendidikan yang sejati harus meliputi pembentukan pribadi manusia seutuhnya. Komponen penting dari lembaga pendidikan adalah guru. Karenanya Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia (YPII) dengan visi misinya merumuskan karakter nilai-nilai Cerdas, Otentik, Iman akan Penyelenggaraan Ilahi, dan Otentik (COIS) yang pertama-tama perlu dijiwai oleh guru-guru YPII untuk dapat membentuk karakter peserta didik yang berkembang secara utuh. Hal ini mendorong dilakukannya Evaluasi Eksploratif Implementasi Nilai-nilai Cerdas, Otentik, Iman Akan Penyelenggaraan Ilahi dan Solider (COIS) Pada Guru-guru Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia, Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui Focus Group Discussion (FGD), untuk dilakukan evaluasi secara eksploratif terhadap implementasi nilai-nilai COIS, dengan faktor pendukung/penghambatnya dalam implementasi nilai-nilai COIS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai COIS dalam diri guru0guru YPII, Semarang, kurang baik. Hal itu karena kurang adanya pendampingan dan pembinaan secara berkesinambungan. Kesadaran guru dalam peran sebagai role model bagi peserta didik menjadi berkembang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management |
Divisions: | Graduate Program in Management |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 30 Mar 2020 05:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 02:59 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21120 |
Actions (login required)
View Item |