JUWANTO, - (2011) INTERNALISASI WATER LITERACY UNTUK PERUBAHAN PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH MENENGAH PERKOTAAN MELALUI MEDIA FILM PARTISIPATIF ASPEK AKSES AIR BERSIH. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
08.91.0004 Juwanto Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
08.91.0004 Juwanto BAB-1.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
08.91.0004 Juwanto BAB-2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB 3)
08.91.0004 Juwanto BAB-3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 4)
08.91.0004 Juwanto BAB-4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
08.91.0004 Juwanto BAB-5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.91.0004 Juwanto Daftar Pustaka.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN 1)
08.91.0004 Juwanto Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN 2)
08.91.0004 Juwanto Lampiran 2.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tanpa air tldak ada saru makhlukpun dapat hidup Setiap orang di negara ini harus memili ki pelu ang yang sarna unruk dapat mengakscs air Walaupun demiki an, kenyataan menunJukk an bahwa masih te,rj adi kondi si yang paradok. Pada satu SISI, orang mi sklll tidak dapat mendapatk an I air yang balk Qan cukup Pada slsi yang lain , orang kaya banyak sekali menghasdkan Iimbah da lam pcnggun aan alrnya, mlsalnya unt uk I11nCUCI kcndaraan, memcnuh l bak kamar mandi, ko lam renang, ~e rt a banyak aklltitas lalll yang sangat membo roskan air. Untuk menlllgkatkan kesadaran masyarakat akan rur, di perluk rul II'{//er IlIem eT. Wnlcr l i leracy dapat dil akukan tidak hanya me lalUl pendidik an fomla l, melalilk an dengan media Juga. I11 lsalnya fi lm . Idealnya pengantar telll rulg ",{//er I /leraey hanls dlbcn kan kcpada anak seJak usia din l TUJuan dan penelin rul Inl ada lah untuk mengilltemali sasl water li teracy pad a pada slswa dengan pembuatan fi lm panl slpall f pada aspek akses terh adap air Pcnelitl 3l1 1111 meli ba tkan slswa SMP Karti yoso Semarang Sekolah Ini merUpak3l1 kaWaS3Il terdampak terkalt persoalan air, ml salnya b3l1JIr dan rob Dua kelompok (4 orang) dlP il lh unt uk berpa rtlslpas l dalam proses pembuat3l1 film Penellli an 1111 Ill ~ n gun ak an melhode lI 'a te r duo)' Siswa dllll1ciang untuk berp art lslpaSI dalam mengamatl segal a kcglatan han an tc rkan air dan mcnul1J ukk an baga lmana orang J11 lskin mendapatkan air be rslh . Serl ap 3Ilak melakuk3l1 pencatat 3l1 terh adap akllf'it as hanan mereka terkal t air, pada ~a at yang sama mereka melakukan pengamatan satu dengan ya ng lain terkall penlaku terhadap air Sctelah IIU , mereka membaglk an hastl pencatatan dan pengamatan kepada yang lain. Sebeluin mere ka mencatat dalam water diary , mercka terl ebih dulu mengisl pre lest kuesener I'ada pr?ses se laj utnya. kelompok 111 1 akan ro kus pad a ak ses air dan teknl k pembuatan fi lm. Modul ten tang akses air bersih dan pembuatan fi lm part islpati f di siapkan unu k me lengkapi peneltn an 1111. Berd asarkan pada modul yang ad a. se ll ap kelompo k akan membuat fi lm. Berdasa rkan pada hasil di skusi dan pengarnatan harian mereka, siswa kemudian memil ih IOpik kh usus untuk membuat film . In i berarti bahwa slswa sendln yang membuat skrip fi lm, menj adi direktur, sutradaraJ ak tri s, pengrunat, dan pengrttlk fi lm yang mereka buat Fi lm yang mereka hasilkan akan d l k ~ rJ as am ak an dengan rumah produksl pro fes lonal untuk mendapat sentuh an seperlun ya. Keti ka film sudah siap, akan dil ak ukan penyanngan gun a mendapatkan topi k yang benar- benar terkalt ci eng3l1 wa ler lilcrctq . Guna mcmperda lam lema akan dtlakukan wawan cara mendalam sebelum dan sesudah pembuatan film
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children |
Divisions: | Graduate Program in Environment and Urban Studies |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 08:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 08:11 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17607 |
Actions (login required)
View Item |