HUBUNGAN WORKING MEMORY DENGAN PEMAHAMAN BACAAN PADA ANAK USIA 11 TAHUN

Prastiti, Laurentia Wahyu (2018) HUBUNGAN WORKING MEMORY DENGAN PEMAHAMAN BACAAN PADA ANAK USIA 11 TAHUN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).BAB IV.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.42.0072 Laurentia Wahyu Prastiti (7.72%).DAPUS.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara working memory dengan pemahaman bacaan pada anak usia 11 tahun. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara working memory dengan pemahaman bacaan pada anak usia 11 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima sekolah dasar (usia 11 tahun) berjumlah 50 orang di Semarang. Alat pengumpulan data adalah tes pemahaman membaca untuk mengukur pemahaman bacaan dan Rey’s Auditory Verbal Learning Test untuk mengukur working memory. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini adalah hipotesis yang diajukan diterima. Dimana hasil analisis hipotesis rxy = 0,393 dengan p = 0,005 yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara working memory dengan pemahaman bacaan pada anak usia 11 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa anak yang memiliki kapasitas working memory yang baik maka ia lebih mampu memahami bacaan, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:54
Last Modified: 08 Jun 2021 02:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item