Wijaya, Andika Kurniawan (2017) PERENCANAAN BISNIS PENYEDIA LAYANAN OLEH-OLEH “FLOWER” DENGAN SISTEM PAKET. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya COVER.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya BAB III.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya BAB IV.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya BAB V.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
13.90.0020 Andika Kurniawan Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Parwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Promosi dan perubahan branding Indonesia membuahkan hasil terlihat dari peningkatan wisatawan domestik dan mancanegara. Kabupaten Semarang memiliki potensi yang besar di bidang. Adanya tempat wisata tersebut mampu menggerakkan perekonomian di masyarakat sekitar. Hal ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik yang meningkat dari tahun ke tahun. Adanya peningkatan wisatawan memberikan peluang membuat usaha di bidang kuliner khususnya oleh-oleh. Maka peneliti membuat Perencanaan Bisnis Penyedia Layanan Oleh-Oleh “Flower” dalam sistem paket. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun perencanaan bisnis penyedia layanan oleh-oleh “Flower” dengan sistem paket, dilihat dari aspek pemasaran, aspek sumber daya manusia, aspek operasional, dan aspek keuangan. Peneliti menggunakan kuota sampling. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling. Peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini dari Segmentasi penduduk Kabupaten Semarang dan luar Kabupaten Semarang, Pembeli laki-laki dan perempuan yang berusia 21- 40 tahun, berpendapatan menengah, kebiasaan membeli oleh-oleh, dan waktu terbatas. Target dari Layanan Oleh-Oleh “Flower” ini adalah pembeli laki-laki yang berusia 21-40 tahun, berpendapatan menengah, mempunyai kebiasaan membeli oleh-oleh dan waktu terbatas. positioning sebagai follower (pengikut) karena sudah ada penjual produk oleh-oleh. Nilai tambah dari Layanan Oleh-oleh “Flower” ini adalah menjual produk secara paket. Aspek Sumber Daya Manusia berkaitan dengan perencanaan tenaga kerja yang dibutuhkan secara efektif dan efisien. Kemudian adanya spesifikasi pekerjaan dan deskripsi pekerjaan yang jelas dalam struktur organisasi sederhana. Aspek Operasional Perencanaan pendirian Layanan Oleh-Oleh “Flower” berada di jalan Moh. Yamin yang merupakan salah satu jalur alternatif. Layanan Oleh –Oleh “Flower” memiliki lahan parkir yang memadai untuk motor dan mobil. Ruangan Layanan Oleh-Oleh “Flower” di konsep secara supermarket untuk pembelian produk sedangkan untuk pembelian secara paket ruangan dikonsep seperti Mac Donal atau KFC. Di bagian depan layanan ada ruang promo yaitu menampilkan produk-produk dan produk baru yang dijual di Layanan Oleh-Oleh “Flower”. Hasil dari Aspek keuangan di NPV positif kondisi normal, pesimis dan optimis. PP kondisi normal 1 tahun 5 bulan, kondisi pesimis 1 tahun 8 bulan, dan kondisi optimis 1 tahun 4 bulan. PI kondisi normal 58,14>1, pesimis 52,68>1, optimis 63,61>1. IRR kondisi normal 273,81, pesimis 242,72, optimis 306,01.Sehingga dapat dterima. Dari analisis kelayakan investasi maka Perencanaaan Bisnis Penyedia Layanan Oleh-Oleh “Flower” layak untuk dijalankan. Keyword : Perencanaan bisnis, Penyedia Layanan Oleh-Oleh “Flower”, Segmenting, Targeting, Positioning, Bauran pemasaran, perencanaan tenaga kerja, deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, stuktur organisasi, layout, lokasi, kapasitas, fasilitas, analisis kelayakan usaha : payback period, NPV, PI, IRR
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan |
Divisions: | Graduate Program in Management |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 02:23 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 05:05 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15198 |
Actions (login required)
View Item |