SURYA, CANDRA (2014) IDENTIFIKASI KEPERCAYAAN PADA BISNIS KELUARGA “CEMARA SEWU” DI BATANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
08.30.0118 Candra Surya COVER.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08.30.0118 Candra Surya BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text (BAB II available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0118 Candra Surya BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
Text (BAB III available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0118 Candra Surya BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
Text (BAB IV available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0118 Candra Surya BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
Text (BAB V available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0118 Candra Surya BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0118 Candra Surya DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
08.30.0118 Candra Surya LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bisnis Keluarga Cemara Sewu bergerak dalam bidang transportasi/angkutan truk-truk. Terletak di jalur pantura tepatnya di Batang-Pekalongan, usaha ini sudah berdiri sejak 1988. Pemiliknya bernama bapak Dody Sendiko Harli. Lewicki dan Bunker (dalam Sundaramurthy 2008) menyatakan ada tiga konsep mendasar dari kepercayaan yaitu: keuangan, pengetahuan dan identifikasi berbasis kepercayaan. Pada penelitian ini difokuskan pada analisis kepercayaan pada bisnis keluarga “Cemara Sewu” di Batang. Alasannya adalah karena persaingan yang semakin ketat di bidang ekspedisi ini dan juga usaha ini merupakan bisnis keluarga yang sangat membutuhkan kepercayaan satu anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan pada bisnis keluarga Cemara Sewu di Batang. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pemilik usaha Cemara Sewu dan anggota keluarganya. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut kepercayaan pada bisnis keluarga Cemara Sewu di Batang: (1)Pada dimensi keuangan anggota keluarga saling percaya. Istri menduduki jabatan sebagai bendahara dengan alasan pemilik mempercayan pengeleloaan keuangan perusahaan kepada istrinya, dan biasanya wanita lebih teliti dalam mengelola keuangan. Dalam bisnis keluarga biasanya pengelola keuangan adalah keluarga inti dari pemilik perusahaan. (2) Pada dimensi pengetahuan semua responden saling percaya. Hal ini karena masih ada hubungan keluarga seperti istri dan suami serta saudara dan paman jadi jika ada informasi akan saling berbagi, saling mengerti dan memahami dalam mengelola bisnis, karena bisnis ini sudah turun temurun, maka dari yang lebih berpengalaman akan berbagi semua untuk menjalankan bisnis. (3) Pada dimensi identifikasi ada kepercayaan antar anggota keluarga. Hal ini disebabkan karena antar anggota keluarga saling memahami dan percaya keinginan satu dengan lain sehingga tidak ada salah paham, berusaha saling menghormati dan berdiskusi jika ada keputusan yang harus diambil, dalam menjalankan bisnis pemahaman keinginan satu sama lain itu sangat penting dan menyatukan pikiran antar anggota
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home & family management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:18 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1239 |
Actions (login required)
View Item |