PUTRANTI, ALEXANDRA MARIA DEWANTI IKA (2013) STUDI DESKRIPTIF: PROFIL ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN YAYASAN PANGUDI LUHUR (YPL) DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti COVER.pdf Download (761kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
|
Text (BAB VI Available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti BAB VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.40.0025 Alexandra Maria Dewanti Ika Putranti DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran besarnya organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan Yayasan Pangudi Luhur (YPL) di kota Semarang berdasarkan data pada angket identitas berupa jenis pekerjaan, jenis kelamin, usia, pendidikan, lama kerja, dan golongan atau pangkat. OCB didefinisikan sebagai perilaku pilihan yang tidak menjadi bagian dari kewajiban kerja formal seorang karyawan, namun mendukung berfungsinya organisasi secara efektif (Robbins dan Judge, 2008, h. 40). OCB secara tidak langsung berdampak pada kualitas pelayanan yayasan pendidikan atau sekolah yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat competitive advantage (keunggulan kompetitif) yayasan pendidikan, terutama sekolah – sekolah untuk dapat memenangkan persaingan. Di YPL sebagai salah satu yayasan penyelanggara pendidikan di Indonesia, belum semua karyawan melakukan perilaku OCB, masih terdapat karyawan yang bekerja hanya sesuai dengan deskripsi pekerjaannya. Ada indikasi kurang memiliki kesadaran atau perasaan bahwa mereka merupakan bagian dari organisasi tempatnya bekerja. Penelitian OCB di YPL mengambil responden yang berprofesi sebagai staf edukatif (guru) dan staf non edukatif (tenaga administrasi) dengan menggunakan teknik proportional sampling. OCB yang diteliti dengan skala OCB merupakan dimensi yang dikemukakan oleh Organ, yaitu altruism, courtesy, sportsmanship, civic virtue, dan conscientiousness. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan karyawan YPL memiliki kecenderungan untuk berperilaku altruism, courtesy, dan conscientiousness di tempat kerja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > General Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Rikarda Ratih |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:16 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |