HARDIMAN, NICOLAS (2014) PERANCANGAN VISUAL PEMBELAJARAN UNTUK ANAK – ANAK MENGENAI SEJARAH KOTA SEMARANG MELALUI BUKU INTERAKTIF. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
09.13.0031 Nicolas Hardiman COVER.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.13.0031 Nicolas Hardiman BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0031 Nicolas Hardiman BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0031 Nicolas Hardiman BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0031 Nicolas Hardiman BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.13.0031 Nicolas Hardiman BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.13.0031 Nicolas Hardiman DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, hal ini terlihat dari penemuan benda- benda bersejarah yang banyak ditemukan di Indonesia, mulai dari keris, kemudian prasasti - prasasti peninggalan kerajaan - kerajaan di Indonesia hingga cerita - cerita bersejarah. Namun kekayaan sejarah yang dimiliki oleh Indonesia akan menjadi terbengkalai jika generasi penerus (dalam hal ini anak – anak) tidak melestarikannya. Banyak cerita sejarah di Indonesia salah satunya sejarah dari Kota Semarang, yang memiliki nilai nasionalisme yang nantinya dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari - hari. Penerapan yang dilakukan agar pembelajaran sejarah Kota Semarang yang mengandung nilai – nilai nasionalisme sesuai dengan target sasaran yang dituju, maka perlu dilakukan pendekatan – pendekatan terhadap target sasaran. Maka dari itu dengan adanya dukungan dari data – data yang akurat mengenai pendekatan melalui media interaktif, macam – macam media interaktif sehingga dapat menentukan media interaktif yang tepat dan sesuai dengan target sasaran. Data yang diambil melalui metode wawancara dengan Pemerintah Kota Semarang, serta data kualitatif dari media pustaka yang disesuaikan dengan target sasaran. Melalui pendekatan media interaktif dalam berupa buku yang dikemas lebih modern dan menarik maka terbentuklah sebuah media edukasi yang sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini perancangan terdiri dari perancangan pembuatan media interaktif dan edukatif berupa buku interaktif dan bagaimana menanamkan nilai – nilai yang terkandung dalam pembelajaran sejarah Kota Semarang terhadap target sasaran serta juga mengangkat potensi nilai – nilai sejarah yang dimiliki Kota Semarang. Sedangkan pada tahap selanjutnya bagaimana cara memperkenalkan buku interaktif permainan ini kepada masyarakat sehingga nantinya dapat membentuk image terhadap buku interaktif tersebut. Perancangan ini bertujuan untuk mengemas media interaktif dalam hal pembelajaran sejarah yang mengandung nilai nasionalisme agar nantinya dapat ditanamkan dengan tepat. Jika nantinya perancangan ini dapat direalisasikan dan disempurnakan sesuai dengan yang ada dalam perancangan, maka dapat menjadikan salah satu jenis media interaktif yang dapat memberikan edukasi dan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi penerus Bangsa Indonesia. Kata kunci: Pembelajaran sejarah, Buku interaktif, dan Nasionalisme
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 760 Graphic arts |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2015 14:26 |
Last Modified: | 01 Sep 2015 14:26 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |