KARTIKA, STEPHANIE LINTANG NDARU PRABA (2016) SELF-DETERMINATION THEORY (SDT) OF MOTIVATION PADA GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH PINGGIRAN KOTA SEMARANG. Other thesis, PRODI PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA.
|
Text (COVER)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika COVER.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
Text (BAB II)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
Text (BAB III)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text (BAB IV)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB VI)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11.40.0199 Stephanie Lintang Ndaru Praba Kartika LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-determination theory (SDT) of motivation guru sekolah dasar di daerah pinggiran kota Semarang dari Ryan & Deci. Motivasi ekstrinsik meliputi regulasi eksternal, introyeksi, identifikasi dan integrasi. Motivasi intrinsik meliputi minat, kesukacitaan bekerja dan kepuasan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru sekolah dasar yang berada di daerah pinggiran dengan lama mengajar lebih dari lima tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara bebas terpimpin ditambah dengan observasi terhadap ketiga subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga subjek memiliki motivasi awal dan motivasi bertahan yang berbeda-beda. Motivasi ekstrinsik dan intrinsik memiliki nilai yang sama. Motivasi awal SR adalah introyeksi yang merupakan motivasi ekstrinsik dalam hal memperoleh pengakuan dari orang lain. Motivasi awal RD terbentuk dari dalam diri (minat) sejak kecil ingin menjadi guru. Motivasi awal SP terbentuk dari keinginan ayah agar ia menjadi guru, hal tersebut termasuk motivasi ekstrinsik identifikasi. Motivasi bertahan SR yang muncul adalah intrinsik (kepuasan) mempunyai tekad kuat sebagai alumni ia merasa mempunyai kewajiban memajukan siswa di daerah tersebut. Motivasi bertahan RD tetap mengajar di daerah pinggiran yaitu karena adanya nilai penting penghargaan (regulasi eksternal) berupa urusan kepegawaian tetap lancar jika mengajar di sekolah tersebut. Motivasi bertahan SP juga berupa motivasi ekstrinsik (regulasi eksternal) muncul karena ia merupakan guru pelopor dari sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 08:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:26 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |