KRISTANTO, HENDY (1999) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN GARAM BRIKET PADA UD. GAJAH SARI BATANGAN PATI. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
92.30.1298 Hendy Kristanto COVER.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
92.30.1298 Hendy Kristanto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1298 Hendy Kristanto BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1298 Hendy Kristanto BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1298 Hendy Kristanto BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text (BAB V)
92.30.1298 Hendy Kristanto BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1298 Hendy Kristanto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
92.30.1298 Hendy Kristanto LAMPIRAN.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Dunia u~aha scnantiasa selalu uihacJapkan pada tuntutan lingkungan yang serba berubah sekaligus penuh dengan tantangan. Untuk itu maka perusahaan harns dapat menyantisipasinya demi kelangsungan rudup perusahaan. Karena pada dasarnya perusahaan itu mempunyai tujuan utama yaitu untuk mendapatkan tllba semaksimal mungkin. namun hal itu hanyalah salah satu tujuan dari perusahaan. Sedangkan tujuan yang lain adalah pertumbuhan, kelangsungan hidup, kedudukan pasar, pengb'Unaan tcknologi, kcscjtlillcraan hidup, Llan :s:cbagainya. Usahll untuk mencapai tujuan perusahaan tentu tidaklah mudah karena dihadapkan pada masalah~masahili di dalam bisni:mya baik sekarang maupun masa yang akan datang yang penuh denglln persaingan. Supaya perusahaan bisa mencapainya tentunya dengan cara ningkatkan volume penjualannya. Dan untuk mencapai ini tentu banyak kend a yang dihadapinya antara lain banyaknya saingan dari perusah m mpr'Odu • yang sama. Untuk mengatasi kendala-kendafa terse ut tentu perusahaan harn enja1ankan fungsi pemasaran seperti mengg~an ~ll:l ran Ctistribusi yang te~ melaksanakan promosi. memperbaiki danl menggijn~rFkemasanyang baik serta nerapkan harga jual yang lepat. Ii / ' . Se ........ gk~emasaran , ~ . ' di~i~an me pakan su~istem keseluruhan dan ke ~n b,sm{ yang. (lJfuJu~a un~uk meren~anaka? enentukan harga, memprom );;\kan clan mendl~t nbUllkCl baran!:: dan H.SiI ya~. dClpat memuaskan kt:bu(uhan l1Pada pfmbt:li yang ad~ mauP!lR pembeli p t~nsial Ke iatan p~a:;:aran erupak.an J'!-Iah satu kegiat yan~ poko~ ba!::i perusaha~ dalam sam.. u t ~enJua'l rodu k k pasar. SehlOgga hdaklah menghera hila t . adi lUI. U-pefsaingan-p~aa sejenis d am mencari peluang tersebut un ule: merebut ataU-menguasai pasar. Dan untuk (eJfncaran. agar produk tersebut cela sampai ICeJ<onsuI;,Jl!ff;'-m'31Ca dibutu~an perati; a atau saluran dalam m~Jaksanak~~s . ter.:e~ ~an- ~fii: .-J.:ni"'biasanya dfsehut s~~ran ~istribusi. Dlmana salman a~l Ibus1 In) na lJ dllaksanakan dcng- tepat, hal Inl pentlng guna memenuhi keingimm konsumen ~n[~k ,Plenjaga ke' gsungan hidup perusahaan Karena dengan salu! distfib si yang tepat, - dapat membantu perusahaan dalam memperluas daerah pe 8Fa rla nmgkatkan volume penjualan. Begitu juga dengan konsumen dengan adanya sruuran distribusi ini, maka akan membantu dan mempermudah dalam hal mendapatkan baraog yang dibutuhkan. SaJuran distribusi ini bukanlah masaIah yang sepeJe karena apabila salah dalam memilih saluran distribusi maka akan berakibat fatal. misa! produk tidak sampai ke konsumen sehingga akan dapat menhrurangi volume penjualan. Selain saluran distribusi yang tepat untuk memperoleh pangsa paSaT supaya barang tersebut diminati oleh konsumen diperlukan promosi dan juga harga jual yang tepat. Harga jual merupakan salah satu eJemen marketing mix yang sensitif hal ini karena dalam melaksanakan pembelian prouuk kebanyakan konsumen berfikir secara rasiunal bahwa produk yang dibeli haros mempunyai manfaat yang sesuai dengan biaya atao harga yang dikeluarkan sehingga nantinya ada keseimbangan. Dalam menctapkan harga perusahaan harus betul-belut memikirkannya, jangan sampai harga yang diberikan itu terlalu linggi melainkan harus sesuai dengan barang yang dijual. Harga yang ditetapkan tersebut jU!;I;a harus dapat menutup semua ongkos, atau bahkan lebih dari itu. yaitu mendapatkan laba. Dengan menetapkan harga jual yang tepat maka akan dapal meningkatkan volume pcnjualan. Tetapi kalau harga tidak tepat. rnisalnya terlalu tinggi maka akan mengakibatkan berkurangnya jumlah konsumen sehingga jumlah volume pcnjualpun akan Brut menurun. Dad uraian diatas dapat kita ketahui bahwa diperlukan penelitian uotuk dapal menganalisis epengaruh saluran distribusi dan harga jual terhadap volume penjualan. Untuk itu peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : I. SdJCrIIlJII hc:mr pCII!:)lIrult SU1UI'ml uiSlrillusi Icriuu.lup voll1lllC pcnjuull1n pllun UD.Gajah Sari Batangan Pati? 2. SChCII1JlIl hcs/lI' PCIIBlUuh hurBIt jU111 tcrlllltiup volume flcnjulIllIl1 putlll UD. Gujllh Sari Malangan Pati ? .A .. . 3. Seberapa besar pengaruh s~~~busi dan harga jual terhadap volume penjualan pada ~j a.rf'BatAngiiD!itf~ Dengan melakuka ,p/'p\'batasan sebaga.i berikut :" '\..~... 1. Seberapa b saHen~aruh sa~uran distribusi t~ad volume penjualan pada UD.Gajah ' i Batanga]J..Piilf'? · ""' 2. SeberapaJJesar pen¥afUh har~a juaJ terhactapX'olum Sari ~tg;,&an Pat" . , 3. Se~"ii' be .. r ~engaru)1 saM disllibusi d~ harg. JU terhadap volume penjual<yt palla fID.. GajaH Sari Batl~ Pati? .l Se~gai hip tesis penelit~ini a t dinyatak ah saluran distribusi dan harsa jual be'Peng h terhadap valum p ~ualan. D ian me gglJR chlalisi egtesi berg da den bantuan program' y 167067,5379 + 363,477589 X.- 38'1 °26359 . . l.!ji Clilakukan. ntuk mcngc~ .apakah 8d~ peng nyata ~tara salucan dlstnbusl da~ arga Juah,.,gllladaj!oIum penJuala'l.cara parslal. Dengan menggunakan tJng{RI signifi~arrws..% uj~dnf'sisi, dan"!~{j{t kebebasan (db) 7, maka nilai t~1 0: 1.895 ., ~, Dati pengujian tersebu diperoleh hasi b~ il. IIIiL""S untuk koefisien regre . s esar'"' ;:'413~ inlberarti bahwa t"iL""8 lebih besar dan tt-bel. mua Ho ditolak. erartl11 a pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi terhadap volume penjualan. ll. IhiLl. '1I untuk koefisien rCHfcsi bz scbc:sar ~O.85. ini bcruni bahwa thih"'8 icbih kt:(.;ii uari ttabel, maka Ho ditcrima berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara harHa jual dan volume penjua1an. Uji F dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat penyaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu saluran distribusi dan harga jua! terhadap variabel depend en, yaitu volume penjualan. Dari perhitungan diperoleh FIIiL"'" sebesar 51,77541 sedangkan nilai Ftabel dengan df (2;7) dan tingkat signifikan 5% sebesar 4,14 maka Ho ditolak. berarti saluran distribusi dan harga jual secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Nilai koefisien determinasi dipergunllkan untuk mengukur bcrapa persen sumbangan dan vanabel bebas terhadap naik turunnya vanabel dependen. DaTi perhitunsan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0.93668 (0.94) yang berarti sumbangan dari vanabel bebas yaitu saluran distribusi dan harga jual yang diterapkan olch perusahaan secara bersarna-sama tcrhadap naik tumnnya volume penjualan sebcsar 94%, sedangkan sisanya sebesar 6% disebabkan oleh faktor lain. Saluran distribusi temyata mempunyai pengaruh yang kuat dan posilif tcrhadap volume penjualan. yang berarti semakin banyak saluran distribusi yang dipakai maka volume penjualanya akan semakin meningkat sedangkan harga jualnya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan tetapi memiliki kecenderungan ntgatif YMg berllrti semwn rendah hlU"Y;B yang ditetapkan maka volume penjualanya akan semakin meningkat. Hal int terjadi karena garr:pn adalah produk masal yang harganya masih dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu prosentase pengeluaran kon5um~ntuk membeli garam relatif Jebih keeil dibanding untuk kebutuhan lainya. Berdasarkan hasil F(jnguJ.!.a6'5ec !~beC:~a-sama atau simultan menyatakan bahwa saluran dist' usi an harga jual memp'U'n ai pengaruh terhadap volume penjualan. ~, ~ Selain . (b~.rdasa.rkan ilsil-perhit ngan anali~ ~resi berganda menyatakan bahwa salura ~,stribusi dan harga jual mempuQ~ai hubu ~ rang kuat dengan hasil volume pen' iI,Ian 96~VO dapun 5U an yang'dib~rik ,~h saluran distribusi dan harga jua,..terhadap aik turu~ny tume penjual sebesat" _ 0 0, dan sisllnya 6% disebab olelrvar; ellain diluu • vanabel te ebu·t. (~ S ~ah.rne';hat dari hJsil ~rhttung8n, maka 5 ran-s a yang dapat diberikan adalah se~ai beribt ; . . 1 .. Perus" an sebaiknya aksi!'"3iIL ~istrib sian ang. karena saluran distrit i berpen. aruh ku.l terhadap vo(u~·penj ' ~lan. seT~ in banyak pedagang perant ~ yanK' dlgunak~ iijaka volume penjUalan Juga Ip.enmgkat, karena dengan sendiriny:~ barang m~dah didilPM..ian konsumen cendenib, membe(i barang yang mudah d' at diman ·aja,ise.bi.&ga- nsu en..menj (anatik terhadap produk tersebut. --v-~ 2. Sebaiknya harga jual ditetapkan dengan memperhatikan pesaing di pasaran, karena hasil pengujian secara parsial, harga jual tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, tetapi terdapat kecenderungan semakin turun harga jualnya, maka volume penjualannya akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:20 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:20 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9195 |
Actions (login required)
View Item |