Analisis Pengaruh Faktor Menjual, Mengajak, dan Pelatihan Terhadap Penghasilan Distributor Multi Level Marketing CNI di Semarang (Studi Kasus Pada PT Centranusa Insancemerlang Semarang)

Alexander SW, Steve (2003) Analisis Pengaruh Faktor Menjual, Mengajak, dan Pelatihan Terhadap Penghasilan Distributor Multi Level Marketing CNI di Semarang (Studi Kasus Pada PT Centranusa Insancemerlang Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
98.30.3626 steve alexander sw.COVER.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
98.30.3626 steve alexander sw.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3626 steve alexander sw.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3626 steve alexander sw.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
98.30.3626 steve alexander sw.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
98.30.3626 steve alexander sw.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
98.30.3626 steve alexander sw.LAMPIRAN.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Memasuki abad ke - 21, dunia pemasaran mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai sistern pemasaran bermunculan di Indonesia, salah satunya adalah sistern pernasaran Multi Level Marketing. Secara garis besar, Multi Level Marketing adalah suatu sistern di mana sebuah induk perusahaan mendistribusikan barang atau jasanya melalui suatu jaringan orang bisnis yang independent. Untuk menjadi anggota dari perusahaan Multi Level Marketing, seseorang hams mendaftarkan diri menjadi seorang distributor. Setelah rnenjadi seorang distributor, mereka harus rnendistribusikan barang atau jasa dari perusahaan baik untuk dHm::~:.:. .. r::;i scndiri maupun ditawarkan kepada orang lain sebagai pelanggannya. ~e:uin mendistribusikan barang, mereka juga harus membentuk jaringan yaitu dengan mencari downline - down line yang disponsori untuk bergabung dengan jaringan mereka. Downline adalah seseorang yang diajak untuk ikut bergabung bersarna dengan jaringan orang yang rnengajaknya, dengan maksud untuk ikut membantu perkembangan jaringan.Sistem pemasaran Multi Level Marketing ini lebih menekankan pada kreativitas anggotanya. Sistern pemasaran Multi Level Marketing lebih membantu anggotanya dalam melakukan daya pikir kreatif guna mernbina organisasi atau jaringannya uotuk mernperoleh penghasilan yang besar. Konsep Multi Level Marketing yang diterapkan dengan benar, telah menjadi sasaran yang semakin penting dan semakin diterima secara luas untuk menyarnpaikan, mendistribusikan suatu produk atau jasa baik untuk nasional rnaupun intemasional. Potensi besar untuk pelanggan dalam trend Multi Level Marketing adalah mencakup produk yang mempunyai kekhususan dan berkualitas baik. PT Centranusa Insancemerlang ( CNI ) sebagai salah satu perusahaan yang menjalankan sistem pemasaran Multi Level Marketing di Indonesia berdiri pada tanggal 1 Oktober 1986 di kota Bandung dan didirikan oleh S. Abrian Natan, Yanki Regan, Ginawan Chondro, dan Wirawan Chondro. Produk yang diluncurkan oleh PT Centanusa Insancemerlang adalah produk makanan dan minuman kesehatan, produk perawatan diri, produk perlengkapan rumah tangga, produk kreativitas anak, dan yang terakhir diluncurkan adalah kategori produk pertanian dan tambak. PT Centranusa Insancemerlang mempunyai 8 jenjang karier, yaitu (mulai dari yang paling rendah ke yang paling tinggi) : Distributor (D), Unit Manager (UM), Gold Agency Manager (GAM), Ruby Agency Manager (RAM), Pearl Agency Manager (PAM), Diamond Agency Manager (DAM), Double Diamond Agency Manager (DDAM), dan C(own Agency Manager (CAM). Saat ini, PT Centranusa Insancemerlang sudah memiliki 7 distributor yang berada di posisi paling atas atau Crown Agency Manager. Untuk mendapatkan komisi dari sistem pemasaran ini, distributor harus dapat mengumpulkan minimal 50 point value dalam periode satu bulan. Point value ini akan diakumulasikan tiap bulan untuk peningkatan presentase komisi. Pada anal isis data, peneliti menganalisis sikap distributor terhadap faktor menjual, rnengajak, dan pelatihan yang dianggap dapat mempengarnhi besamya penghasilan yang diterirna distributor tersebut. Untuk mendapatkan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada distributor PT Centranusa Insancemerlang yang telah meraih prestasi Komisi Kepemilikan Sepeda Motor. Kuesioner tersebut berupa pilihan jawaban yang masing - masing mempunyai skor tersendiri berdasarkan skala Likert dan penghasilan / komisi distributor tersebut. Setelah data diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Melalui penelitian ini, peneliti memberikan kesimpulan bahwa ketiga variable ini ( menjual, mengajak, dan pelatihan ) mempengaruhi penghasilan yang diterima oleh distributor, sedangkan saran untuk perusahaan PT Centranusa Insancemeriang agar terus memberikan motivasi kepada para distributor melalui seminar - seminar atau event - event khusus yang dapat menimbulkan semangat dari pada distributor. sehingga akan lebih banyak lagi distributor - distributor yang dapat meraih kesuksesan di CNI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 04 May 2016 04:06
Last Modified: 04 May 2016 04:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item