PRAMADI, ZONDY (1998) ANALISIS PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT CENTRE FOR LANGUAGE TRAINING (CLT) SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
94.30.1838 Zondy Pramadi COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
94.30.1838 Zondy Pramadi BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1838 Zondy Pramadi BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1838 Zondy Pramadi BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1838 Zondy Pramadi BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text (BAB V)
94.30.1838 Zondy Pramadi BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.1838 Zondy Pramadi DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
94.30.1838 Zondy Pramadi LAMPIRAN.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Salah salu kemampuan penting yang diperlukan di dalam dunia bisnis dewasa ini adalah kemampuan unluk dapat berbahasa Inggris dan hal ini sudah menjadi kebutuhan mayarakat. Oleh karena. ilu, hal ini menjadi peluang bisnis yang mengunlungkan bagi arang-<>rang atau lembaga-Iembaga yang menawarkan jasa berupa pelajaran bahasa Inggris. Di kala Semarang semakin banyak /embaga-Iembaga yang menawarkan kursus bahasa Inggr;5 karena semakin besamya juga kebuluhan masyarakat unluk menguasai bahasa Inggris. Dengan semakin banyaknya lembaga-Iembaga yang menawarkan jasa kursus bahasa Inggris maka dengan sendirinya lerjadi persaingan yang semakin kelal dianlara mereka. Hanya lembaga kursus bahasa Inggris yang dapal memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara maksimal yang dapat menjadi pemimpin pasar dan memperaleh banyak kansumen. Cenlre for Language Training (CLT) se '{ai salah salU lembaga kursus bahasa Inggris yang berkedudukan ~_marang ~ . i dalam bisnis jasa pendidikan atau kursus bahasa In ris-:' Sebagai lembaga kurs s bahasa Inggris maka CL T mempunyai atribu Intsul penting yang berfungsi- s agai krileria evalualif kansumen selama l'engambilan..,kepurusan...,f,lribut-atribV ' ini berada dalam lingkup bauran pemasaran dall'Sangal emert-oI(;In Rema tauan dan pengembangan agar sel 'Y dapat sesuai dan emenun\. kabulu n serta keinginan konsumen da caJon konsumen. " Dari ulasan diata I"aka teneliti mengemukaRan perm~salaha, aitu : Bagaimana penilaian kon umen rhadap atritrut-atribut CL T ? A ioot /;. g akan dianalisa berasal dari bau \, pem saran, yailu ,Pro uk yang meli uti ai,\) t mutu jasa, citra merk, fasilitas, layan~ ~arga, '8\stribusi )'ling meli~llakasi~omasi yang meliputi iklan. I Tujuan dari peneli ar ini ada ah unluk-mengetahul atn '4 pa yO(l enting bagi kansumen di dalam milih C :r sebajlakJemb~ga kursus baha!; Inggris dan untuk mengetahui ba I~na penijaiai'lc1<onsumen terhadap at itiut-atribut CL T. Kegunaan penelitan im dalah memberiKa ma'!iukan ba ~· L T dalam pengembangan dan proses pem ran di masa I"(lendatang se ( apat menjadi dasar dan tambahan informasi tlpg;..,pa[ penelai yang a eneliti strategi bauran pemasaran dan positianing~ng iii kan CL T. Tinjauan pustaka dalam penelman ini a'da a h~ntang persepsi konsumen. proses keputusan kansumen yang bermula dari pengenalan masalah hingga perilakunya setelah membeli serta strategi bauran pemasaran. Papulasi penelitian adalah seluruh murid CL T yang mengambil kursus di sana, dengan teknik pengambilan sam pel secara purposive non random sampling. Syarat yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah responden minimal berusia minimal 15 tahun dan atau mempunyai tingkat pendidikan SMA. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapal dari pihak CL T dan pihak peserta kursus bahasa Inggris di CLT, yang...meliputi atributatribut apa saja yang penting bagi konsumen dalam menentukalflembaga kursus iv bahasa Inggris, penilaian responden lenlang alribut-atribut penling CL T, dan"" -. " penilaian pihak CL T sendiri lerhadap atribul-atribut lersebut. Melode anal isis data yang digunakan adalah Melode atau Teknik Beda Semanlik yang merupakan sarana pengukuran sikap" Dalam melode ini responden diminta untuk membenkan bobol judgemenl lerhadap stimulus menurul kala sifat yang ada pada seliap konlinum dalam skala" Selelah mendapalkan seluruh data yang diperlukan maka peneliti selanjulnya membandingkan penilaian responden dengan penilaian pihak CL T sendin. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan beberapa atribut yang mempunyai gap yang cukup besar antara penilaian responden dengan penilaian pihak CL T, yailu : Cilra merk, dalam hal hubungannya dengan nama baik CLT. Fasilitas, lentang kelersediaan laboralonum dan audio visual yang memadai unluk membanlu belajar. Pelayanan, lentang jarak waldu selesainya rsus dengan pengumuman hasil les. Promosi, dalam hal iklan CLT! ~~!:!:~ konsumen. J Selain ilu didapat pula aln "-a ribut yang penilaian respen nnya melebihi penilaian pihak CL T, yaitu ~~ _ - Pelayanan, lenlang kre~ litas ka,),awan dan karyawati CtT. - Harga, dalam hal m a tidaktJYa biaya leulllUS di CL T bila i andingkan dengan lembaga ku us lainnya. Iklan, lenlang kejeiasan ikla CL T da mpaika~ informas' kepada konsumen. , Selain atribul-atribul Ie bul, ihak CL 1i perlu I ga mengadakan ingkalan kinerja atributnya dala al jarak waldu pelal<s!lDaan leursus ~an sa level ke level selanjulnya. P ~aian r'bponclen lenlang ainbut-alr)bul C lainnya cenderung mempunyai gap yang. kecll biJj dibandlriQbn dengan pep Ian CLT. Secara keseluruhan, pe~llaian res onden \ent~g-alribul-a,I~bul ~TL enderung ke arah kulub yang meng nlungkan, hal in(daplot-dilihat dofri penilaia' responden yang secara keseluruhan meleb'hi niloi tenga[konllnu . 1. pel;ti~:~-~:~a;e:~~g:~~a~;a~=n~~~d~~~:~;~';~i , ~~~an Pelatihan dan pengembangan sebaikny;o ditaku((ao secara ru ' aan rjadwal, sebagai tindak lanjul dan survei yang dilakukan at iI:li akan meningkatkan kineoja kal)'awan dan kal)'awati Centre for Language Training. 2. Jarak waktu pelaksanaan kursus dan level yang sabJ ke level selanjutnya perlu dipercepat. Penilaian pihak CLT unbJk atribut ini adalah 3, sedangkan penilaian responden adalah 3,39 yang menunjukkan lebih tingginya penilaian konsumen daripada penilaian pihak CLT. Pihak CLT dalam hal ini pertu mengadakan peningkatan standar penilaiannya dengan diikuti langkah~angkah nyala yang dapallebih meningkatkan penilaian konsumennya terhadap atribut ini. 3. Perbaikan dan penambahan program promosi khususnya yang bertujuan mengingalkan konsumen pada CL T dan membujuk calon konsumen untuk mengambil kursus di CLT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Customers |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:04 |
Last Modified: | 04 May 2016 03:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8879 |
Actions (login required)
View Item |