Jati, Joko Prakoso Cipto (2007) Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Intrinsik, Atribut Ekstrinsik dan Promosi Toyota Avanza. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
Text (BAB V)
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
00.30.0314 Joko Prakoso Cipto Jati.LAMPIRAN.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Dalam menghadapi persaingan, perusahaan berusaha untuk membuat sesuatu yang dapat membedakan produk perusahaan dengan produk perusahaan lain. Hal dasar yang dilakukan perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk perusahaan lain adalah dengan memberi merek pada produknya. Karena itu merek menjadi sangat penting dalam kegiatan pemasaran, dan perlu dipertimbangkan sebagai sesuatu keunggulan yang dapat membuat perusahaan memenangkan persaingan. Dengan analisis perilaku konsumen, diharapkan akan banyak membantu produsen dalam memahami bagaimana dan mengapa konsumen membeli barang atau jasa tersebut. Perilaku konsumen sendiri merupakan tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlihat dalam usaha memperoleh, menggunakan dan menentukan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut. Karena dengan dipahaminya perilaku konsumen, perusahaan dapat memberikan kepuasan secara lebih baik pada konsumennya. Apalagi konsumen sekarang cenderung lebih teliti, jeli, dan kritis dalam memilih suatu produk yang hendak mereka beli. Melihat penjualan Toyota Avanza yang mengalami fluktuasi sepanjang tahun 2005, namun secara keseluruhan, Toyota Avanza ternyata lebih banyak diminati konsumen. Peningkatan penjualan Toyota Avanza tersebut tidak terlepas dari sikap dan perilaku konsumen dalam memutuskan untuk memilih mobil mana yang akan digunakan. Selain itu, faktor atribut produk yang telah dikenal dan promosi yang dilakukan perusahaan juga ikut memacu keinginan konsumen untuk memilih atau memutuskan membeli suatu produk mengingat bahwa pada suatu produk terdapat nilai-nilai yang dapat dilihat dan dirasakan oleh konsumen. persepsi konsumen terhadap suatu produk dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu atribut intrinsik (atribut nyata) dan atribut ekstrinsik (atribut abstrak), dimana atribut tersebut merupakan tanda-tanda kualitas dari suatu produk. Intrinsik atribut merupakan karakteristik fisik yang bisa dilihat langsung dari suatu produk yang menggambarkan kualitas. Ekstrinsik atribut merupakan karakteristik nonfisik dari suatu produk, seperti cita rasa, merek, harga, atau yang bisa menggambarkan kualitas yang bisa dirasakan dari suatu produk. Mengacu pada latar belakang maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai apa yang telah mempengaruhi konsumen sehingga memilih untuk menggunakan Toyota Avanza dibandingkan mobil lain sehingga peneliti mengambil judul penelitian “Analisis Pengaruh Atribut Produk dan Promosi terhadap Persepsi Kualitas Toyota Avanza”. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah bagaimana persepsi konsumen terhadap atribut inrinsik, atribut ekstrinsik dan promosi Toyota Avanza.. Dalam tinjauan pustaka dijelaskan tentang konsep yang digunakan dan definisinya. Ada beberapa konsep dalam tinjauan pustaka yaitu Stimulus Pemasaran dan Persepsi Konsumen, Organisasi Persepsi, Interprestasi Perseptual, Atribut Produk dan Pengertian Promsoi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pengukuran validitas, reliabilitas, skala pengukuran, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitaif. Pada pembahasan dikemukakan mengenai gambaran umum responden serta tanggapan responden terhadap variabel penelitian. Dalam pembahasan, dikemukakan hasil penelitian dan inteprestasi hasil penelitian dimana berdasarkan hasil analisis penelitian pada atribut intrinsik rata-rata tanggapan responden menunjukkan kategori sangat setuju, atribut ekstrinsik rata-rata tanggapan responden menunjukkan kategori sangat setuju dan pada atribut promosi rata-rata tanggapan responden menunjukkan kategori setuju.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Sales promotion |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 05:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 05:50 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8774 |
Actions (login required)
View Item |