PERAN COPYWRITING DALAM PEMBUATAN UNGGAHAN INSTAGRAM @SEMARANGPEMKOT (Studi kasus Program Ngobras “Ngobrol Asik” Dengan Like Terbanyak Tahun 2021-2023)

ROSANDI, AGATA FEBIA (2024) PERAN COPYWRITING DALAM PEMBUATAN UNGGAHAN INSTAGRAM @SEMARANGPEMKOT (Studi kasus Program Ngobras “Ngobrol Asik” Dengan Like Terbanyak Tahun 2021-2023). S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-COVER_1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-DAPUS _1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
19.M1.0005-AGATA FEBIA ROSANDI-LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

Salah satu program unggulan Diskominfo Kota Semarang yaitu Ngobrol Asik (Ngobras) yang disiarkan secara live streaming pada YouTube Semarangpemkot. Upaya untuk mengkomunikasikan nilai dan prinsip suatu instansi, pemasaran memerlukan sebuah komunikasi yang dapat dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat, di sinilah peran copywriting dalam audience engagement selain menyampaikan informasi, penjelasan, dan deskripsi secara verbal, dalam copywriting dibutuhkan orang-orang yang mampu mengolah kata dan kalimat agar lebih menarik minat konsumen terhadap konten yang dibuatnya. Tidak hanya copywriting, kualitas konten visual juga termasuk faktor yang penting baik dalam bentuk foto atau gambar, dan video sebagai pelengkap. Kualitas konten visual penting karena dapat menarik pelanggan untuk memudahkan dalam menafsirkan pesan guna mempengaruhi keputusan audience, untuk mengkaji permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran copywriting pada caption Instagram Ngobras didukung dengan kualitas visual konten foto maupun video yang baik. Perpaduan antara gambar dan teks tidak hanya sebatas penggabungan melainkan perpaduan antara gambar, layout, dan warna sehingga menghasilkan komposisi tampilan visual yang estetik tetapi juga informatif. Perubahan visual dari foto menjadi video di tahun 2023 berdampak pada engagement audience yang menurun dari segi like dan komentar. Dapat disimpulkan penerapan kualitas visual yang baik dalam design, layout, dan kombinasi warna yang baik akan meningkatkan reaksi positif dari audience serta caption yang dapat menimbulkan interaksi pada kolom komentar. Penerapan judul yang menarik perhatian, dapat mengkomunikasikan informasi yang jelas dan efektif terkait topik yang dibahas serta penerapan Hook untuk menarik perhatian dan membuat audience membaca caption dari awal hingga selesai. Terdapat juga kalimat ajakan untuk meyakinkan audience menyaksikan program Ngobras. Perubahan visual dari image menjadi video di pertengahan tahun 2022 berdampak pada engagement audience yang menurun dari segi liked dan komentar, dan di tahun 2023 awal sudah ditetapkan keseragaman design sehingga dari total like stabil setiap postingannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr. Jodi Armanto
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:34
Last Modified: 18 Nov 2024 07:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item View Item