INOVASI PRODUK PUTU AYU PADA BISNIS IVANA SNACK’S

GUNAWAN, STEFANUS ALVIN (2024) INOVASI PRODUK PUTU AYU PADA BISNIS IVANA SNACK’S. S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-COVER_a.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0085-STEFANUS ALVIN GUNAWAN-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

Kewirausahaan merupakan sebuah tindakan inovatif dan kreatif dengan mencari serta melihat setiap peluang yang ada dan memperoleh dampak yang positif yang mampu mendorong bisnis terus menerus bertumbuh dan berkembang. Putu Ayu adalah kue tradisional yang berasal dari Indonesia tepatnya dari daerah Jawa Tengah. Di lihat dari nama putu ayu sendiri dalam bahasa jawa kata “ayu” memiliki arti “cantik” yang dimana bentuk dan tampilan putu ayu memang bisa dibilang sangat menarik dan menawan serta menggugah selera seluruh masyarakat. Ivana’s Snack merupakan bisnis makanan kecil (snack) yang didirikan pada Bulan Juni 2022. Pada awalnya, Bisnis Ivana Snack’s hanya membuat dan menawarkan satu varian rasa saja yaitu varian rasa original. Di dalam penelitian yang dilakukan ini akan menganalisis inovasi Putu Ayu pada bisnis Ivana Snack’s. Proses inovasi ini akan dilakukan berdasarkan teori menurut Luecke (2003), terdiri dari tahap idea generation, opportunity recognition, idea evaluation, development, dan commercialization. Kendala yang dialami dalam bisnis Ivana Snack’s ini adalah terjadi penurunan omset penjualan dalam tahun 2022 tepatnya penurunan terbesar terjadi pada bulan Juli yaitu sebesar 29,43%. Penurunan omset penjualan ini terjadi dikarenakan adanya banyak pesaing yang menjual makanan tradisional dengan cara lebih modern. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 konsumen yang sudah pernah membeli dan mengkonsumsi Putu Ayu Ivana Snack’s yang berada di kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 konsumen yang sudah pernah membeli dan mengkonsumsi Putu Ayu Ivana Snack’s yang berada di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pengambilan sampel dengan metode Sampling Purposive yang berarti pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer. Sumber data dalam penelitian ini adalah konsumen Ivana Snack’s. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif yang kemudian terbentuk menjadi sebuah penelitian yang bersifat kualitatif. Dengan adanya inovasi varian rasa dan bentuk pada produk putu ayu ini, Ivana Snack’s berhasil menarik lebih banyak minat konsumen karena varian yang disajikan lebih bercitra rasa modern.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr. Jodi Armanto
Date Deposited: 28 Oct 2024 05:37
Last Modified: 28 Oct 2024 05:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36220

Actions (login required)

View Item View Item