FAKTOR-FAKTOR PREDITOR RESILIENSI PADA REMAJA GIFTED

Primastuti, Emiliana and Yang Roswita, Maria FAKTOR-FAKTOR PREDITOR RESILIENSI PADA REMAJA GIFTED. UNSPECIFIED. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Lap-Penelitian FIX-Emiliana & Yang Roswita.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Resiliensi merupakan faktor pelindung yang penting bagi kesejahteraan psikologis. Sebagai remaja gifted dalam perkembangannya dia memiliki banyak hambatan dikarenakan adanya berbedaan kemampuan berpikir, emosi dan sosial dibandingkan dengan remaja seusianya. Hal ini yang sering membuat siswa gifted mengalami kesulitan untuk melakukan penyesuaian diri. Peran resiliensi ini menjadi sangat penting dalam melakukan penyesuaian diri dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor apa yang menjadi predictor resiliensi pada remaja gifted (baik factor internal atau kepribadian dan factor eksternal atau Lingkungan). Faktor non kognitif / kepribadian (Coping with stress, Achievement motivasi, Learning strategy. Anxiety, Control expectation). Faktor eksternal atau lingkungan yaitu Familiar learning environment, Family climate, Quality instruction, Classroom instruction, dan Critical life event. Metode penelitian yang digunakan adalah secara kuantitatif. Partisipannya adalah remaja gifted sejumlah 37 remaja gifted usia 12-18 tahun yang telah diidentifikasi oleh psikolog. Alat ukur Resiliensi dalam pemenilitian ini menggunakan The Brief Resilience Scale. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara resiliensi pada faktor internal Coping stress, Achievement Motivation, dan Learning Study, namun tidak ada hubungan antara resiliensi dengan anxiety dan control expectation.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Emilana Primastuti
Date Deposited: 06 Aug 2024 11:24
Last Modified: 07 Aug 2024 01:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35996

Actions (login required)

View Item View Item