Angelica, Jennifer Tamara (2022) PUSAT KECANTIKAN DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_COVER_a.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB I_a.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB III_a.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB IV_a.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB V_a.pdf Download (894kB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_BAB VI_a.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_DAPUS_a.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
17.A1.0181-Jennifer Tamara Angelica_LAMP_a.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, perkembangan dunia kecantikan juga seakan berkembang cukup pesat. Kesadaran terhadap sebuah penampilan merupakan hal yang dirasa sangat penting karena peningkatan kepedulian mereka terhadap penampilan. Kebutuhan berekspresi tidak hanya gaya berpakaian yang kompleks, namun penampilan wajah dan tubuh juga menjadi kebutuhan utama, dimana saat ini seseorang berpenampilan bukan hanya menjadi keharusan, namun juga dijadikan sebagai suatu simbol status dan prestise. Perkembangan industri kecantikan di Indonesia sangat berkembang dengan baik. Bahkan menurut Majalah SWA, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar dalam industri kecantikan yang pertumbuhannya hingga 2017 diperkirakan 20%. Di Indonesia sendiri khususnya Kota Semarang juga memiliki potensi besar untuk dapat mengikuti perkembangan di dunia kecantikan. Di Kota Semarang telah terdapat banyak pelayanan medis dermatologi kecantikan (beauty clinic) dan pusat bedah plastik (plastic surgery) namun bangunan bersifat terpisah dan biasanya hanya fokus pada satu sektor industri. Maka dihadirkan bangunan Pusat Kecantikan di Semarang yang dapat mewadahi kedua sektor industri kecantikan tersebut sehingga keinginan seseorang untuk memiliki penampilan yang lebih baik akan dapat terwujud dan para insan beauty face and body dapat bertukar pikiran serta lebih berekspresi. Pusat kecantikan merupakan kebutuhan tersier yang artinya berkaitan dengan usaha menciptakan harga diri (prestise) atau gengsi yang berarti kemewahan (luxury) manusia. Para pengunjung fasilitas seperti ini umumnya yaitu masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi atau keuangan yang lebih untuk biaya perawatan kecantikan, sehingga target utama pada perancangan pusat kecantikan ini merupakan masyarakat yang berasal dari golongan menengah keatas, para eksekutif muda dan sebagainnya. Maka tampilan bangunan pusat kecantikan harus dapat menunjukan karakter kegiatan dan fasilitas didalamnya. Dengan penerapan desain arsitektur modern dapat diwujudkan melalui tampilan bangunan yang modern, representatif dan menarik untuk kegiatan perawatan kecantikan sebagai bangunan yang eksklusif dan prestige. Hasil dari pembangunan Pusat Kecantikan ini adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan perawatan kecantikan yang lebih maksimal bagi masyarakat kalangan menengah ke atas di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 01:27 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 02:18 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28488 |
Actions (login required)
View Item |