Soegiopranoto, Hartono Aditio (2020) PERANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PERUSAHAAN SOUVENIR MEGA PROMOTION SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
||
|
Text (BAB III)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - BAB III.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - BAB V.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
16.D1.0072 - Hartono Aditio Soegiopranoto - LAMPIRAN.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan kualitas merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan Souvenir Mega Promotion Semarang. Munculnya produk cacat pada Perusahaan Souvenir Mega Promotion Semarang dikarenakan perusahaan masih belum menerapkan pengendalian kualitas. Metode Six Sigma merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan dalam proses pengendalian kualitas, pengendalian kualitas Six Sigma bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, dan meminimalisir munculnya produk cacat hingga 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan untuk setiap kali proses produksi dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control). Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder pada Perusahaan Souvenir Mega Promotion Semarang. Berdasarkan penelitian pada Perusahaan Souvenir Mega Promotion Semarang di bulan Desember 2019 sampai dengan Februari 2020 ditemukan bahwa pada produk handbag memiliki rata-rata DPMO sebesar 20.000 dengan tingkat sigma sebesar 3,59. Sedangkan pada produk dompet memiliki rata-rata DPMO sebesar 11.250 dengan tingkat sigma sebesar 3,78. Identifikasi akar permasalahan dianalisis dengan menggunakan diagram fishbone, dimana perencanaan perbaikan akan ditetapkan dengan menggunakan metode 5W+2H (What, Why, Where, When, Who, How, dan How Much). Dengan dirumuskannya perencanaan penendalian kualitas pada produk handbag dan dompet, diharapkan dapat menekan munculnya produk cacat. Adapun saran yang diharapkan berguna bagi perusahaan yakni perusahaan diharapkan untuk melakukan pengendalian kualitas, menanamkan pengetahuan mengenai pentingnya kualitas produk kepada karyawan, menetapkan standard kualitas yang jelas pada produk handbag dan dompet, melakukan perawatan mesin secara berkala, melakukan kunjungan dan diskusi secara berkala dengan karyawan untuk memahami kondisi yang terjadi di lapangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 26 May 2021 03:05 |
Last Modified: | 26 May 2021 03:05 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25292 |
Actions (login required)
View Item |