RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PRODUK BANTAL CV. MEGA PROMOTION SEMARANG

Suryonegoro, Daniel Ariesta (2020) RANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PRODUK BANTAL CV. MEGA PROMOTION SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - COVER.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16.D1.0067 - Daniel Ariesta Suryonegoro - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Kualitas dalam suatu produk menentukan tingkat keberhasilan dan kesuksesan perusahaan untuk dapat bertahan dan bersaing. Permasalahan kualitas merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Souvenir CV. Mega Promotion. Munculnya produk cacat pada perusahaan tersebut disebabkan oleh tidak adanya pengendalian kualitas. Metode Six Sigma merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan dalam proses pengendalian kualitas, bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan meminimalisir munculnya produk cacat hingga 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan unutk setiap dilakukan proses produksi dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Inmprove, Control). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder pada perusahaan souvenir CV. Mega Promotion pada bulan Desember 2019 – Februari 2020. Dari data yang dikumpulkan ditemukan bahwa produk bantal mobil memiliki rata – rata DPMO sebesar 10694 dan nilai sigma 3,48. Produk bantal leher dengan rata – rata DPMO sebesar 14583,3 dan nilai sigma 3,71. Serta produk bantal kotak dengan rata – rata DPMO sebesar 18750 dan nilai sigma 3,12. Identifikasi akar permasalahan yang terjadi dianalisis menggunakan diagram Fishbone, dimana rencana perbaikan akan dilakukan dengan menggunakan metode 5W + 2H (What, Why, Where, When, Who, How, How Much). Dengan adanya perencanaan pengendalian kualitas pada produk bantal mobil, bantal leher, dan bantal kotak, diharapkan dapat mengurangi terjadinya produk cacat. Adapun saran yang berguna bagi perusahaan yaitu dengan melakukan pengendalian kualitas, dan menanamkan pentingnya pengetahuan mengenai standard kualitas produk pada karyawan, melakukan perawatan mesin, kunjungan pemilik dan diskusi secara berkala dengan karyawan untuk memahami kondisi yang sedang terjadi pada proses produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 May 2021 03:04
Last Modified: 26 May 2021 03:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item