ANDRIYANTO, DEBORAH (2008) Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Laba dari Laporan Keuangan yang Mengandung dan Tidak Mengandung Informasi Aktiva Tidak Berwujud. Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Seogijapranata.
|
Text (COVER)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0060 Deborah Andriyanto-Dapus.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Selama ini pihak manajemen kurang memperhatikan pentingnya pelaporan dan pengungkapan aktiva tidak berwujud (ATB) dalam laporan keuangan. Padahal, nilai ekonomi suatu perusahaan sebagian besar digerakkan oleh aktiva tidak berwujud (ATB) yang dimilikinya. Dari perspektif teori signal (signaling theory), pengungkapan informasi aktiva tidak berwujud (ATB) yang terkandung dalam laporan keuangan mengandung sinyal-sinyal tertentu sehingga dapat mempengaruhi kecepatan dan ketepatan reaksi pasar saham terhadap pengumuman laporan keuangan. Hal ini disebabkan karena perusahaan yang melaporkan informasi aktiva tidak berwujud (ATB) dinilai memiliki peluang bertumbuh (growth opportunity) dan nilai instrinsik yang lebih besar di masa yang akan datang dibanding perusahaan lain yang tidak melaporkan informasi aktiva tidak berwujud (ATB). Maka dari uraian diatas, penelitian ini ingin menguji pengaruh pelaporan dan pengungkapan aktiva tidak berwujud (ATB) atau intangible assets dalam laporan keuangan terhadap reaksi pasar. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang sahamnya tercatat dan diperdagangkan secara aktif di BEI selama periode 2003-2005 yang mengumumkan laporan keuangan tahunan selama periode 1 Januari-31 Maret 2004-2006. Untuk mengukur besarnya signifikansi reaksi pasar selama periode peristiwa pengumuman laba (hari ke-t) digunakan pengujian statistik (t-test) dan untuk menguji perbedaan reaksi pasar digunakan T-Test Paired Samples. Hasilnya menunjukkan: Pertama, pasar bereaksi lebih tinggi terhadap pengumuman laba MATB dibanding pengumuman laba TMATB. Kedua, pasar bereaksi lebih tinggi terhadap pengumuman laba meningkat MATB dibanding pengumuman laba meningkat TMATB. Ketiga, pasar bereaksi lebih tinggi terhadap pengumuman laba menurun MATB dibanding pengumuman laba menurun TMATB. Namun untuk uji beda, semuanya tidak terdapat perbedaan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 20:03 |
Last Modified: | 10 Sep 2015 20:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2508 |
Actions (login required)
View Item |