Identifikasi Penerapan Digital Marketing Pada Bisnis Ditinjau Dari Perspektif Pengusaha Dan Konsumen

AGUSTINI, MARIA YOSEPHINE DWI HAYU and SUCIARTO, ATHANASIUS SENTOT and RETNAWATI, BERTA BEKTI and PERWITO, A. HARYO and Anugraheni, Dyah Titisari and ADI, YOSEP BUDI and KUMARA, ADELA AZALIA and INDRAWATI, ELLEN NOVIANA Identifikasi Penerapan Digital Marketing Pada Bisnis Ditinjau Dari Perspektif Pengusaha Dan Konsumen. Project Report. P3M FEB UNIKA SOEGIJAPRANATA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Akhir Penelitian)
Payung 2019-Laporan Akhir Digital Marketing-revisi final.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (1MB)

Abstract

Digital marketing merupakan isu penting pada masa dimana internet mendominasi cara-cara orang melakukan bisnis. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan digital marketing sebagai suatu strategi untuk memenangkan persaingan. Perusahaan dapat memilih berbagai cara dan bentuk digital marketing yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan konsumennya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali implementasi digital marketing pada bisnis ditinjau dari perspektif pengusaha dan konsumen melalui beberapa penelitian independen. Masing-masing penelitian independen didisain sesuai dengan tujuan dan konteks penelitian yang ditetapkan. Hasil dari penelitian independen kemudian dikompilasi dengan menggunakan meta analysis untuk mengetahui adanya kemungkinan keterkaitan antara kedua perspektif tersebut. Selanjutnya hasil ini akan dikembangkan pada tahun-tahun berikutnya yang diarahkan untuk menyusun bahan ajar pelatihan digital marketing. Hasil penelitian dari kedua perspektif menunjukkan bahwa implementasi digital marketing sudah mencapai tingkat yang tinggi. Artinya, baik pengusaha maupun konsumen sudah menggunakan fasilitas digital (internet) dalam aktivitas pemasaran dan pembeliannya. Aktivitas pemasaran pengusaha yang dilaksanakan secara online melalaui internet mencakup mulai dari penyampaian informasi produk dan usaha, fasilitas pemesanan produk, penyampaian pilihan metode pembayaran dan jasa pengiriman. Di sisi lain, konsumen juga sudah menjalankan seluruh proses pembelian secara online, mulai dari mencari informasi produk, memesan produk, melakukan pembayaran produk, memilih dan membayar jasa pengiriman. Dengan kata lain, aktivitas pemasaran online oleh pengusaha sudah sejalan dengan aktivitas pembelian online oleh konsumen. Di masa mendatang, penelitian dapat difokuskan untuk memahami perilaku pembelian online yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Depositing User: Ms Dwi Hayu Agustini
Date Deposited: 10 Sep 2020 08:03
Last Modified: 10 Sep 2020 08:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item