Penerapan Metode Video Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual

ANDREAS, RICHARD (2020) Penerapan Metode Video Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS -BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - BAB IV.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.E3.0066 RICHARD ANDREAS - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode video modeling terhadap peningkatan keterampilan sosial pada anak dengan disabilitas intelektual. Desain penelitian menggunakan single case design dengan metode AB- A. Metode video modeling diberikan pada tiga orang subjek yang berusia kurang dari 12 tahun dengan diagnosa disabilitas intelektual ringan. Guna menentukan keterampilan sosial yang muncul, peneliti menggunakan skala rating sebagai alat pengumpulan data. Aspek-aspek keterampilan sosial yang terdapat pada skala rating antara lain perilaku berbagi, bekerjasama, sabar menunggu giliran dan bergabung dengan teman lainnya. Analisa data menggunakan metode deskriptif dengan analisa grafik serta uji statistik menggunakan Wilcoxon Signed Rank. Hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial setelah mendapatkan intervensi dengan metode video modeling (Z score = -1,841, p = 0,033, dengan signifikansi p<0,05). peningkatan skor tertinggi muncul pada aspek perilaku kerjasama yakni mendapatkan mean skor pretest sebesar 3 dan mean skor posttest sebesar 5,33 sedangkan peningkatan skor terendah muncul pada aspek perilaku berbagi yakni mendapatkan mean skor pretest sebesar 3,67 dan mean skor posttest sebesar 4,33.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Mental Processes and Intelligence
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:28
Last Modified: 23 Jun 2020 03:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21549

Actions (login required)

View Item View Item