DARMAWAN, DOMINIKUS REYNARD (2019) Game Pembelajaran Tarian Lokal Semarang Menggunakan Kinect. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
|
Text (COVER)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf COVER.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text (BAB III)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf BAB V.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf DAPUS.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
15.N2.0010 DOMINIKUS REYNARD DARMAWAN (1.12)..pdf LAMP.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Dengan masuknya budaya dari luar, menyebabkan tergesernya dan terlupakannya budaya asli dari Indonesia sendiri,salah satunya adalah tarian daerah[1]. Minat siswa-siswi SMP sekarang sudah mulai menurun terhadap seni budaya, terutama di tarian daerah, hal ini ditunjukkan dengan setiap kali pelajaran banyak siswa yang ijin ke toilet, tidur di kelas dan juga berbicara sendiri. Hal ini juga disebabkan karena pelajaran terlalu fokus pada guru menjelaskan sehingga siswa menjadi bosan. Dan juga mempelajari budaya sendiri sekarang sudah mulai dianggap ketinggalan jaman, oleh karena itu dibutuhkannya media baru yang membuat budaya menjadi sesuai dengan perkembangan jaman dan menarik minat siswa-siswi SMP[2]. Salah satu media yang bisa mengikuti perkembangan jaman adalah game edukasi dan Kinect, Beberapa developer game memanfaatkan teknologi Kinect ini untuk membuat game menari dimana pemain mengikuti gerak tarian yang dicontohkan oleh model di layar, dan juga popularitas dari game-game ini cukup besar. Akan tetapi game-game tersebut hanya menggunakan tarian-tarian modern saja. Oleh karena itu dengan menggabungkan game edukasi dan teknologi Kinect membuka peluang untuk dibuat simulasi tarian daerah, sehingga bisa menjadi media mengenalkan, menumbuhkan rasa bangga ataupun mengajarkan tarian daerah, contohnya daerah Semarang. Kata Kunci: tarian, tari daerah, game, Kinect, simulasi, semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 08:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 07:30 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20556 |
Actions (login required)
View Item |