Sebastian, Stefan Hans (2015) Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, dan Brand Loyalty terhadap Brand Equity Perusahaan Toko Roti (Studi pada Konsumen Toko Roti Virgin Jalan Parang Kusumo Raya No. 18 Tlogosari Semarang). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian COVER.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.30.0084 Stefan Hans Sebastian LAMPIRAN.pdf Download (544kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya industri roti di Indonesia. Perkembangan ini menjadikan merek semakin penting bagi perusahaan toko roti. Nilai merek ini disebut brand equity (ekuitas merek). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh elemen-elemen yang menurut pakar pemasaran David Aaker mempengaruhi brand equity yaitu brand awareness (kesadaran merek), perceived quality (persepsi kualitas), brand association (asosiasi merek), dan brand loyalty (kesetiaan merek) pada toko roti Virgin. Toko roti Virgin cabang Tlogosari di Semarang dipilih sebagai lokasi penelitian ini karena sangat ramai dan sudah beberapa kali diliput dalam web bisnis mengenai bisnis roti yang sedang naik daun. Penelitian bersifat kuantitatif, menggunakan persamaan regresi linier berganda. Jumlah responden adalah 100. Responden dipilih dengan menggunakan menggunakan metode purposive sampling dengan pensyaratan responden harus pernah memakan roti Virgin dan membeli roti di Virgin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala Likert. Analisa hasil penelitian dilakukan dengan uji t dan uji F, dan analisa koefisien determinasi. Dan didapati brand awareness dan brand loyalty memiliki pengaruh signifikan terhadap brand equity tetapi perceived quality dan brand assocaition memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Pengaruh paling besar dari persamaan regresi linier terdapat pada brand loyalty yaitu 0,34 dan pengaruh paling kecil 0,034 dari brand association. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan pada toko roti Virgin untuk meningkatkan brand loyalty dengan memberikan penghargaan pada konsumen yang setia, membuat membership, dan meningkatkan brand awareness terutama brand recognition dengan cara menciptakan keunikan merek. Untuk penelitian lebih lanjut peneliti menyarankan untuk menambah indikator harga pada pengukuran perceived quality dan melakukan pra-survey pada brand association.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Sales promotion |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 01:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 07:08 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/170 |
Actions (login required)
View Item |