YOVITA, ARJUN (2018) GAME MISSION: SAVE THE WORLD TANGGAP FENOMENA GLOBAL WARMING BERBASIS MODEL UTAUT. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.COVER.pdf Download (870kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB I.pdf Download (77kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB V.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.BAB VI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.07.0024 ARJUN YOVITA.LAMPIRAN.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Global warming merupakan sebuah bentuk ketidakseimbangan ekosistem yang terjadi di permukaan bumi akibat terjadinya suatu proses peningkatan temperatur suhu rata-rata pada atmosfer, laut dan daratan. Sesuai dengan adanya isu pemanasan global yang telah terjadi saat ini, dengan demikian penulis mencoba menanggapi dengan membuat sebuah game edukasi bertemakan global warming. Game ini memberikan sebuah bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial kepada pemainnya. Tujuan dari pembuatan game edukasi ini adalah memberikan edukasi anak sekolah dasar mengenai betapa pentingnya mencintai, mengajak dan menjaga lingkungan melalui beragam gameplay yang sangat menyenangkan serta sekaligus menanamkannya secara kokoh dan bernilai. Di dalam game terdapat menu belajar yang berisikan pembelajaran terhadap aspek lingkungan yaitu dengan mengambil masalah yang terjadi di dunia seperti penebangan pohon ilegal di Brazil, kota yang sangat berpolusi di Iran, aksi penyelamatan terumbu karang di Australia, aksi penyelamatan beruang kutub di Antartika, pengolahan sampah menjadi sebuah kreatifitas di Indonesia, dan cara hidup sehat dengan menghemat energi di Denmark. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Unifed Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT) untuk menguji tingkat adopsi game di kalangan anak usia sekolah dasar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adopsi responden terhadap game tersebut tidak begitu dipengaruhi dengan kebergunaannya terhadap pembelajaran fenomena pemanasan global pada anak usia sekolah dasar. Artinya apakah game tersebut akan digunakan untuk pembelajaran pemanasan global atau tidak, responden tetap akan memainkan game Mission: Save The World ke depannya. Kata Kunci : Global Warming, Game Edukasi, Karakter Peduli Lingkungan, Model UTAUT
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 04:31 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16193 |
Actions (login required)
View Item |