Khasanah, Ida Nur (2017) PENGENALAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI GAME PATRAP BASA. Other thesis, Unika Soegijapranata.
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah COVER.pdf Download (797kB) | Preview |
|
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah BAB III.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah BAB V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
13.07.0082 Ida Nur Khasanah LAMPIRAN.pdf Download (631kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan ilmu dan teknologi disertai dengan kemudahan dalam mengakses sebuah informasi berdampak pada pergeseran nilai budaya daerah menuju budaya modern. Hal ini terlihat pada perubahan sikap dan perilaku generasi muda yang lebih condong mencintai bahasa asing dibandingkan dengan bahasa daerah. Peminat belajar bahasa asing lebih banyak dibandingkan peminat belajar bahasa dan budaya daerah. Kearifan lokal membina generasi muda mencintai budaya sendiri diperlukan untuk menanggulangi hilangnya jati diri bangsa Indonesia. Khususnya di kabupaten Semarang dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Semarang telah menggalakan penggunaan bahasa jawa dalam komunikasi dikalangan pendidikan setiap hari kamis. Hal ini belum bisa terlaksana secara maksimal dikarenakan sosialisasi yang kurang intensif. Terkait dengan hal terebut penulis terpanggil untuk menyusun laporan yang menyajikan tetang pendidikan bahasa jawa yang dipadukan dengan kemajuan teknologi, dikemas dalam bentuk game yang sangat diminati oleh masyarakat khususnya generasi muda. Game Patrap Basa berorientasi pada metode alternatif yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar khususnya guru bahasa jawa kepada peserta didik terutama siswa sekolah dasar. Kurikulum yang dipakai guru untuk mengajar di sekolah menjadi materi dalam pembuatan game. Proses pembuatan game dimulai dari menyusun konsep dan riset, merancang gameplay, pembuatan aset dan karakter, uji coba game sampai menjadi game pembelajaran Patrap Basa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pemusatan lokasi studi pada SD Negeri Duren 01 dan SD Negeri Bawen 01 kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment |
Divisions: | Faculty of Computer Science > Department of Information Systems |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 03:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:47 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15973 |
Actions (login required)
View Item |