STRATEGI PADA “BELLA BAKERY “BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS IE

Aminoto, Ella (2017) STRATEGI PADA “BELLA BAKERY “BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS IE. Masters thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
15.D3.0043 Ella aminoto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto BAB III.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto BAB IV.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0043 Ella aminoto LAMPIRAN.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

BELLA BAKERY merupakan salah satu usaha roti yang berlokasi di Jalan Tanggul Mas Timus No 118 (untuk produksi) dan Jalan Gajah Raya No 45a (toko), Semarang. Dahulunya usaha ini merupakan usaha roti rumah tangga dan berdasarkan pada pesanan, pada tahun 2013 berkembang dan mulai berbadan hukum. Segmen pasar dari BELLA BAKERY adalah konsumen akhir, dengan harga roti mulai Rp 2000 merupakan segmen pasar menengah ke bawah. Selain menjual roti, juga menjual tart dan puding, roti kotak untuk arisan dan sebagainya. Beberapa pesaingnya adalah toko Roti Wonder, toko roti Royal dan Maylisa Bakery. Untuk dapat memenangkan persaingan, maka BELLA BAKERY harus menyusun strategi bisnis yang tepat. Strategi ini merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi perusahaan untuk tetap hidup dalam dunia persaingan. Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara peneliti diketahui permasalahan pada BELLA BAKERY dimana terjadi penurunan omset seiring dengan persaingan yang semakin ketat. Dalam melakukan analisis lingkungan bisnis, terdapat delapan proses perencanaan strategis unit bisnis yaitu: penetapan visi dan misi bisnis, analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal (keduanya digabungkan dengan analisis SWOT), formulasi sasaran, formulasi strategi, formulasi program, implementasi dan umpan balik serta pengendalian. Berdasarkan latar belakang yang sudah dijelaskan di depan, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimana perumusan strategi pada BELLA BAKERY berdasarkan analisis SWOT?” Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perumusan strategi pada BELLA BAKERY berdasarkan analisis SWOT. Responden pada penelitian ini adalah 1 orang pemilik BELLA BAKERY, 20 orang konsumen, 3 orang karyawan, dan 3 pesaingnya. Jenis data pada penelitian ini adalah data. Dalam setiap penelitian dibutuhkan alat pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan guna untuk menyelesaikan dan menjawab perumusan masalah yang muncul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan interview atau wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kualitatif Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: BELLA BAKERY dapat menerapkan beberapa strategi product development dan penetgrasi pasar yang memfokuskan pada SO Strategies yaitu: (1) Mengembangkan variasi rasa roti yang lebih banyak lagi dengan rasa khas yang enak sehingga konsumen semakin banyak dikemudian hari 9 (2) Memberikan diskon harga untuk memenuhi pangsa pasar yang ada dan menarik konsumen baru (3) Prioritas strateginya adalah product development. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan pada kesimpulan yang ada antara lain adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak Bella Bakery mengembangkan produk roti barunya lebih banyak varian rasa dan inovasi produk baru seperti jajanan pasar, serta harga diskon sehingga meningkatkan jumlah konsumennya dikemudian hari. (2) Pada penelitian dengan topik serupa dimasa mendatang dapat ditambahkan perbandingan beberapa bakery. Kata kunci: analisis SWOT, Strengh, Weakness, Opportunity, Threat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:26
Last Modified: 31 Aug 2021 01:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item