KURNIAWAN, - (2000) EVALUASI METODE PERAMALAN DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Dami Sariwana Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
94.60.0138 Kurniawan COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
94.60.0138 Kurniawan BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB II)
94.60.0138 Kurniawan BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (BAB III)
94.60.0138 Kurniawan BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (BAB IV)
94.60.0138 Kurniawan BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text (BAB V)
94.60.0138 Kurniawan BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.60.0138 Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
94.60.0138 Kurniawan LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Suatu perusahaan/produsen akan selalu berharap jumlah produksinya sama dengan jumlah permintaan konsumen, karenanya perusahaan/produsen akan meramalkan jumlah permintaan dan kejadian yang mungkin terjadi sehubungan dengan pengaruhnya terhadap fungsi-fungsi perusahaan. Karena peramalan (dalam hal ini peramalan penjualan) yang diikuti penyusunan anggaran menyangkut akan kelangsung an hidup perusahaan maka diperlukan metode peramalan bukan yang tercanggih dan melalui proses matematis yang rumit. tetapi akurat, tepat waktu dan mudah dimengerti pihak manajemen sehingga hasil d~· metode peramalan dapat nembantu pengambilaan keputut)l' n produksi. (John E. Hanke dan Arthur J. ~~~ r 9f; 5 Disaat manajer meny.e iakan waktu untuk ~YUSlln anggaran, mereka a12~ mengerti as~h-masala~ ~ yang dihadapi orga~~ sasi, memili~tIternati emec~ha ~an membangun keblJ akan ) ntuk mas a depan yang eb'l.h \' alk, selain itu merek a~a at men ~ukur ke.aapuan da peng~ r 'an mereka terhadap CI -:\1a bisn·is bukan s eda,r pad keunti:i~an perusahaan sem . An~garan akan meaberikan efiaru n bagi perusahaan unt k peuyusunan l a::JiO~~n keuanga /c-at1'l 'an akuntansi histo ris yang dapat tffp Efl't na·gung jawa an karen a selanjutnYl' laporan ke Uang~c tatan kunt ~i histor is dipergun an ur\tu1iJ pepyUSu an al1"arsI1 per i e berikutnya. Angga n ju~a " ak.n me jadi p~takan ' i perusahaan pengend . anj su~ber daya perQsahaa~ aan i~ ivat~ r bagi karyawa untuk.encap~~il yang dita ietkan. Disamping i tu n~an pe'?ty,usttl'l.!!-~. g;g~ n ak:any .t:.~f:j alin komunikasi dan O~dinaSj;; n'"t~RarYJ3.wa 7 drengan karyawan lainnya di dal perusapaan. \ ,. - Beberapa hal yang te_r.c~kup q,i ~all pej1gertian anggaran perusahaan adal fi: (Ag ~Y~1996; 8-11) 1. Perencanaan yang formal 2. Seluruh kegiatan perusahaan 3. Dalan jangka waktu tertentu 4. Dinyatakan dalan unit moneter Dalan penyusunan anggaran perlu pula kiranya untuk diperhatikan . syarat penyusunannya: (Gunawan Adisaputro dan Marwan Asrij 1992; 7) 1. Realistis, artinya tidak terlalu optimistis maupun terlalu pesimis. 2. Luwes, artinya tidak terlalu kaku. mempunyai peluang untuk disesuaikan dengan keadaan yang mungkin berubah. 3. Kontinyu, artinya memerlukan perhatian yang terus menerus, dan tidak merupakan usaha yang insedensiil. Salah satu departemen/bagian yang paling kritis dalam penyusunan anggaran adalah bagian pemasaran. Hal ini disebabkan bag ian pemasaran merupakan bidang yang dinamis disertai kondisi yang berubah-ubah. Akuntan kontroller dapat bekerja sama dengan manajer pemasaran untuk menilai secara realistis s ejauh mana penjualan yang sebenarnya dihubungkan dengan anggaran at au ramalan penjua lan . (James D. Wilson dan John B. Campbellj 1990; 259) PT. Dami Sariwana merupakan produsen jamu dengan jumlah produksi unit yang hesar, dimana masing masing item produknya seeara judgmental forecasting dibuat ramalan penjualan di ma s a yang ·akan datang berdasarkan pendapat d ari bagian pemasaran untuk kemudian dibuat anggaran oleh bagian akuntansi. Dari anggaran yang t elah disusun maka bagisn produksi menerapkan dalam jadwal produksi. A Pada akhir periode dia a ~~~s ' hadap hasi l pen~ualan yan~ diban~int a-n-:o ~gan -pe-r'1llDa~n,. diman a has~l evaluasl selan,.Ju ya dlpergunafan seb8;-g 1 aeuan manajer pemasar an~dal am"'enYusun peramalan penjua 'an. Peneliti berma . d memQ~~lkan ~ de alternatif sebaga · ' t1at ppnyusunan anggara netode peramala ~an~ aiterap ka pe usahaa metode itu melip': I * Metode r ~-ra ~ berg.r a~ dan eksponens ia l! aog bertuju8. . E:rv--viS i ramailan se c:ara kontinu den, n data terbatu. \ * Metode a~regr si I ya~g ---bertuJ uan lIeo¥iJd an peramalan baSai suatu fungs i dar ~ ~ lai t a periode s eb qmnya ~an g akan diraaaI . * Metode de~omposisi yan~~eng'identifika s ika n komponen-komao en ya'ns m~ mpe~ tiap~ 'ilai dalam sebuah . data. ~ ~_ Setelah dianalisis eng an nenggunaKan samp produk jamu Galian Singset. Pe 'nu~an Gemp~r rl'ii '" didapat i bahwa lIetode dekompo . ~b.1tu~f[ '-unt dapat dijadikan alternatif netode pera.~n erusahaan karena hasil peramalan dengan metode dekomposisi dapat relatif akurat dibandingkan dengan metode yang lain dimana pola kubik pada data aktual penjualan dapat didekati dengan gar is trend dari metode dekomposisi dengan memperhatikan fluktuasi indeks musim, siklikal dan irregular. Dengan digunakannya metode peramalan kuantitatif dekomposisi sifat peramalan akan lebih obyektif, disamping itu pertimbangan kualitatif ~erhadap kondisi ekonomi dan bisnis yang diindekskan akan mempertajam keakuratan metode peramalan dekomposisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 05:52 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 05:52 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13018 |
Actions (login required)
View Item |