SETIOWATI, DESY (2016) STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA SEKOLAH (Studi Kasus The Lost Customer SMP Kristen YSKI Semarang). Masters thesis, Magister Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
12.90.0002 Desy Setiowati COVER.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
12.90.0002 Desy Setiowati BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text (BAB II)
12.90.0002 Desy Setiowati BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text (BAB III)
12.90.0002 Desy Setiowati BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text (BAB IV)
12.90.0002 Desy Setiowati BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
12.90.0002 Desy Setiowati BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.90.0002 Desy Setiowati DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
12.90.0002 Desy Setiowati LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada semakin bertambahnya siswa SD Kristen YSKI yang tidak melanjutkan ke SMP Kristen YSKI selama 5 (lima) tahun terakhir. Selama ini, SMP Kristen YSKI mendapatkan paling banyak pasokan siswa baru dari 3 (tiga) SD milik YSKI. Yang biasanya terjadi adalah siswa lulusan SD Kristen YSKI secara otomatis akan melanjutkan ke SMP Kristen YSKI. Masalah muncul ketika didapati bahwa jumlah pelanggan yang hilang atau siswa SD Kristen YSKI yang tidak melanjutkan ke SMP Kristen YSKI semakin meningkat dalam 5 (lima) tahun terakhir ini. Muncul kekuatiran bahwa SMP Kristen YSKI akan kehilangan rantai pasokannya apabila hal ini tidak ditangani dengan tepat. Dengan menggunakan konteks bauran pemasaran 7P, riset ini bertujuan untuk menemukan alasan – alasan utama yang menyebabkan siswa SD Kristen YSKI tidak melanjutkan ke SMP Kristen YSKI, lalu meganalisis SMP pilihan mereka beserta alasannya, dilanjutkan dengan persepsi orang tua dan responden mengenai bauran pemasaran SMP Kristen YSKI, dan pada akhirnya akan dirancang suatu strategi untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Oleh karena itu, penelitian ini adalah sebuah studi kasus yang menerapkan pendekatan campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 61 siswa SD Kristen YSKI tang tidak melanjutkan ke SMP Kristen YSKI pada tahun ajaran 2015/2016. Alasan utama mereka sebagai pelanggan yang hilang dari SMP Kristen YSKI dikumpulkan melalui kuesioner dan sebuah wawancara mendalam juga dilakukan dengan beberapa orangtua siswa untuk mendapatkan alasan yang lebih mendalam berkaitan dengan keputusan responden untuk tidak melanjutkan ke SMP Kristen YSKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan – alasan utama dari pelanggan yang hilang adalah tempat, harga, teman, minat, kualitas sekolah, pindah luar kota , mengikuti saudara, sekolah negeri, dan pelajarannya sulit. Ditemukan juga bahwa mereka pindah ke 11 sekolah swasta dan negeri yang berbeda dengan alasan yang beragam. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi orang tua dan responden terhadap bauran pemasaran SMP Kristen YSKI mendapatkan nilai cukup baik. Dimulai dari diagram tulang ikan yang memaparkan akar masalah dari pelanggan yang hilang, disusunlah sebuah strategi dengan menggunakan alat bauran pemasaran 7P yang diharapkan dapat mengurangi jumlah pelanggan yang hilang dari SMP Kristen YSKI pada tahun – tahun yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management |
Divisions: | Graduate Program in Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 06:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 03:25 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11843 |
Actions (login required)
View Item |